Thursday 14th December 2017

AGRESIF WUJUDKAN KONSEP SMART AIRPORT

By: On:

1Belum lama diutus menjadi Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Enterprise & Business PT

 

Telkom telah merancang berbagai strategi untuk mengimplementasikan konsep smart airport bagi 13 bandara di bawah kelolaan PT AP II. Ia pun bermimpi untuk meninggalkan legacy berupa digitalisasi bandara beserta komunitasnya. Berikut petikan wawancaranya:

Satu bulan menjabat sebagai pucuk pimpinan AP II, terobosan apa yang sudah dan ingin bapak lakukan?

Yang pertama saya tata di Angkasa Pura II adalah di Corporate Level Strategy (CLS), karena itu memberikan pijakan terhadap kiprah korporasi nantinya. CLS ada tiga,Directional Strategy, Portofolio Strategy dan Parenting Strategy. Jika bicara mengenai Directional Strategy AP II, saya bisa memastikan adalah growth dan going concern, sebab kita yakin bahwa pertumbuhan adalah sebuah keniscayaan. Kalau bicara Portofolio Strategy, kita melakukan perluasan di cakupan portofolio. Misalnya, bagaimana kita masuk ke digital media business, yang sebelumnya belum menjadi concern di sini, sementara eranya sudah era digital.

Sedangkan Parenting Strategy, bagaimana parent, yaitu kami sebagai induk usaha, men-supervisi subsiderinya. Strategi yang kita lakuan adalah strategic control berupa planning, strategy dan financial performance. Artinya, kami ingin sinergi value yang terjadi akibat pembentukan unit usaha melalui anak perusahaan itu memberikan kontribusi dan penguatan kepada AP2 secara group of business.

Tahun ini, kita juga melakukan perluasan anak usaha, seperti mendirikan anak perusahaan AP Kargo, AP Propertindo, dan AP Solusi berupa penguatan portofolio existing anak perusahaan yang konsolidasi ke kita. Selain itu, kita juga punya tiga anak perusahan joint venture dengan KAI, AP I dan Garuda Indonesia.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses