Saturday 24th June 2017

BKI Resmi Jadi Anggota IACS

By: On:

bkiPembangunan Indonesia Poros Maritim yang digelar Presiden Joko Widodo membutuhkan stakeholder handal. BKI sebagai BUMN yang merupakan salah satu pilar dalam pembangunan poros maritim Indonesia, secara resmi mendaftarkan diri sebagai anggota International Association of Classification Societies (IACS) sebagai wujud kualitas layanan jasanya diakui secara global. Pendaftaran ini telah dilakukan oleh Tim BKI yang terdiri dari Ketua Majelis BKI, Laksamana (Purn) DR. Marsetio, Direktur Utama BKI-Rudiyanto, Kepala Divisi Manajemen Strategis-Jeffrey B. Massie, Kepala Cabang Pontianak – Bambang Riyanto, dan Kepala Cabang Banten – Misbachun Aidy, pada Kamis (7/7) di Kantor Pusat IACS, London.
Sekjen IACS Robert Ashdown dan Quality Secretary IACS Peter William menyambut baik niat BKI menjadi anggota IACS serta menerima dengan baik dokumen aplikasi BKI yang dibawa langsung oleh BKI. Bahkan, dirinya mengapresiasi aplikasi BKI, karena sudah lebih dari 5 tahun tidak ada aplikasi baru yang masuk. Sehingga saat ini posisi Indonesia diperhitungkan sebagai salah satu pilar maritim di Asia.
Direktur Utama BKI, Rudiyanto mengatakan, sudah saatnya BKI meningkatkan kapabilitas organisasi dan personilnya secara agresif guna mendukung proses implementasi IACS. Ia juga menekankan, saat ini sistem manajemen di BKI telah disertifikasi oleh BSI (British Standar Institute) yang merupakan ACB (Accredited Certification Body) yang diakui oleh IACS dan tahun ini BKI masuk dalam kriteria ‘High Performance Recognized Organization’ berdasarkan Annual Report 2015 – PSC Tokyo MOU. “Hal itu tentunya sejalan dengan upaya BKI untuk memberikan pelayanan profesional terhadap stakeholder sesuai persyaratan IACS,” katanya.
Terdaftar menjadi anggota IACS tentunya membawa beragam manfaat, antara lain BKI akan diakui secara global dan dapat memberikan instruksi tentang peraturan yang sesuai dengan standar internasional di IMO. Selain itu, industri pelayaran nasional melalui kapal-kapal Indonesia yang berlayar internasional akan diakui oleh negara lain dan perlindungan resiko dari asuransi internasional.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses