Wednesday 13th December 2017

BUMN TRACK Raih Sertifikat Perusahaan Pers Terverifikasi Dewan Pers

By: On:
Memasuki usia 10 tahun, BUMN Track mendapat kado istimewa berupa Sertifikat Perusahaan Pers Terverifikasi dari Dewan Pers. Melalui pengakuan dari lembaga tertinggi dalam serikat perusahaan pers itu, BUMN TRACK yang telah mengantongi sertifikat No. 102/DP/-Terverifikasi/K/X/2017 dinyatakan sebagai media yang memenuhi empat syarat utama, meliputi Kode Etik Jurnalistik, Standar Kompetensi Wartawan, Standar Perlindungan wartawan  dan Standar Perusahaan Pers.

Sertifikasi diserahkan oleh Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar dan disaksikan oleh Ketua Umum SPS Dahlan Iskan kepada Pemimpin Perusahaan BUMN Track SH Sutarto di Hotel Haris Surabaya, Rabu (1/11).

Pemimpin Redaksi BUMN Track Akhmad Kusaeni mengatakan, sertifikasi yang diraih BUMN Track semakin memperkuat posisi perusahaan sebagai media profesional. “Ini sangat membanggakan bagi kami, karena Dewan Pers mengakui komitmen kami dalam menegakkan profesionalitas dan etika pers,” ungkap Akhmad Kusaeni.

Sebelumnya,  Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan, melalui verifikasi ini, Dewan Pers memastikan komitmen pengelola media dalam menegakkan profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan. Selain itu, Dewan Pers ingin mendorong penguatan media pers dan positioning media mainstream dalam memasuki era konvergensi sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi digital.

Yosep mengatakan, media arus utama harus bisa mengembalikan kepercayaan publik dengan menjawab tantangan atas maraknya serbuan berita hoax atau informasi bohong yang dibuat seolah-olah sebagai karya jurnalistik. “Melalui pendataan atau verifikasi media ini, dengan sendirinya akan terlihat mana produk jurnalistik yang dihasilkan oleh perusahaan pers yang profesional, mana yang tengah berproses atau berupaya memenuhi standar profesional, dan mana yang belum memenuhi standar profesional,” kata Yosep.

Saat ini, terdapat 52 media cetak yang lolos verifikasi dari  Dewan Pers.  Ke depannya, hanya perusahaan pers yang terverifikasi yang akan mendapatkan perlindungan Dewan Pers jika terjadi sengketa terkait perusahaan pers.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses