Monday 16th October 2017

DUKUNGAN HOLDING BUMN PANGAN PADA KEDAULATAN PANGAN

By: On:

1Pembangunan kedaulatan pangan adalah salah satu program utama dari pemerintahan Jokowi.
Namun mewujudkan kedaulatan pangan adalah tidak mudah, terlebih pada era-era kepemimpinan sebelumnya, istilah yang sering dipakai adalah ketahanan pangan, bukan kedaulatan pangan.

Ada perbedaan mendasar antara kedaulatan pangan dengan ketahanan pangan. Ketahanan pangan, maknanya lebih menekankan ketersediaan pangan, sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah tertentu tidak mengalami kelaparan. Sementara kedaulatan pangan, maknanya lebih dalam, selain ada aspek ketercukupan pangan, tetapi juga bertujuan agar masyarakat dapat berdaulat dalam mengupayakan pangan. Misal dengan mementingkan kemandirian dalam mengembangkan benih, penggunaan teknologi tepat guna dan seterusnya.

Maka ketika Presiden Jokowi mencanangkan program kedaulatan pangan, maka direncanakan beberapa target seperti pembentukan 1.000 desa mandiri benih, 1.000 desa organik, dan seterusnya. Namun dalam pelaksanaannya, program-program itu kurang terlihat. Dan makin ke sini, pemerintahan Jokowi justru cenderung kembali ke konsep ketahanan pangan.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses