Monday 11th December 2017

Holding Bank BUMN Demi Daya Saing

By: On:

pic2 Akhirnya empat bank BUMN akan bersatu dalam holding yang dipimpin PT Danareksa. Bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Tabungan Nasional Tbk (BTN). Melalui holding tersebut, Kementerian BUMN ingin meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat ekuitas bank BUMN. Pembentukan holding bank BUMN ini tersebut memakan waktu panjang. Terlebih empat bank BUMN tersebut merupakan emiten yang sahamnya diperdagangkan di bursa.

Ketika sudah banyak bank asing yang masuk ke pasar Indonesia, konsolidasi bank-bank BUMN baru akan dimulai. Langkah tersebut dinilai sebagian kalangan terlambat. Seharusnya sudah bisa dilakukan sejak lama. Pemerintah bisa belajar dari Malayisa yang terlebih dulu sukses mengelola BUMN melalui Khasanah Holding, atau Singapura dengan Temasek Holding-nya. Keuntungan holding, selain lebih mudah mengawasi, juga memperbesar kemampuan bank pemerintah dalam ekspansi bisnisnya. Bahkan ada optimisme bahwa holding akan menjadi bank BUMN kita terbesar kelima di ASEAN

Perusahaan holding tersebut nantinya juga akan menyinergikan infrastruktur teknologi operasional empat bank tersebut. Yang sedang direncanakan antara lain mempersatuan layanan jaringan auto techonolgy machine (ATM) dan mesin electronic data capture (EDC) pada empat bank tersebut. Jika layanan ATM dan EDC mereka bisa disatukan, biaya operasionalnya jelas akan lebih efisien dan jaringan akan lebih banyak. Bisa saja nasabah tidak dikenakan biaya ketika bertransaksi lewat ATM.

Tak hanya itu. PT Danareksa juga akan menjadi induk bagi perusahaan switching ATM milik pemerintah. Peraturan Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa perusahaan switching tidak boleh dimiliki perbankan. Yang memiliki kewenangan switching adalah investment holding. Dengan berlabel holding, PT Danareksa juga akan lebih leluasa membantu mencarikan dana murah untuk disalurkan bank anak usahanya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses