Monday 16th October 2017

MANDIRI SOKONG EKSPANSI PTBA

By: On:

1Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan senilai total Rp 1,7 triliun dan US$230 juta kepada PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk membantu membiayai pengembangan

bisnis perseroan. Perjanjian kredit tersebut ditandatangani oleh SEVP Bank Mandiri Alexandra Askandar dan Direktur Keuangan PTBA Achmad Sudarto di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa (29/11).
Alexandra mengatakan, dari nilai pembiayaan tersebut, sebesar US$100 juta berskema pinjaman fasilitas khusus untuk membiayai belanja modal dan kredit US$130 juta adalah pinjaman treasury line untuk memenuhi kebutuhan likuiditas valas dalam operasional perusahaan. “Pembiayaan ini membuktikan komitmen kuat kami untuk mendukung pertumbuhan industri strategis dalam negeri seperti sektor pertambangan, agar mampu memenuhi kebutuhan domestik ataupun pasar luar negeri,” jelasnya di hadapan awak media.

Selanjutnya, fasilitas Supplier Financing sebesar Rp 700 miliar dan fasilitas Trust Receipt Non LC sebesar Rp 700 miliar dimaksudkan untuk memperlancar proses pembayaran kepada supplier PTBA. Sementara fasilitas Invoice Financing sejumlah Rp 300 miliar digunakan untuk mempercepat penerimaan hasil penjualan batubara milik perusahaan tambang yang berpusat di Muara Enim, Sumatera Selatan itu.

Menurut Alexandra, kerjasama tersebut merupakan implementasi sinergi BUMN untuk mendukung program pemerintah dalam penyediaan energi dan infrastruktur, serta menciptakan kemandirian ekonomi. Seperti pada fasilitas kredit berskema supplier financing, terdapat BUMN yang menjadi penyuplai kebutuhan infrastruktur Bukit Asam yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero).
Hingga November 2016, penyaluran kredit Bank Mandiri ke sektor pertambangan mencapai Rp13,8 triliun atau tumbuh 20,2% dari periode sama tahun lalu.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses