Wednesday 17th January 2018

SARINAH RESMI RAMBAH BISNIS DIGITAL

By: On:

Sarinah tak henti berekspansi. Di tengah lesunya industri retail, Sarinah justru lincah merambah bisnis online store. Langkah tersebut diambil Sarinah sekaligus untuk menyiasati era digitalisasi yang berkembang pesat saat ini.

 

Komitmen Sarinah dalam menyesuaikan diri di ’zaman now’ diimplementasikan melalui soft launching fitur Sarinah Store  melalui laman www.sarinahonline.co.id di gedung Sarinah lantai 5, Jakarta, Jumat (29/12). Sedangkan grand launching diperkirakan dapat terlaksana selambatnya pada triwulan I-2018. Dalam merambah bisnis online store tersebut,  Sarinah menggandeng PT Telkom sebagai wujud Sinergi BUMN.

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa.Foto/RoniMawardi/BUMNTRACK

 

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa  mengatakan,  kehadiran online store membuktikan kesungguhan dan komitmen Sarinah untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan pelanggan saat ini. “Sekarang semua slogan serba Go Digital. Kalau kita tidak mengikuti tren tersebut, besar kemungkinan Sarinah hanya akan tinggal namanya saja,” ungkap pria yang akrab disapa Ngurah itu usai peluncuran Sarinah Store.

Menurutnya, sasaran dari program ini adalah para customers based Sarinah, khususnya kelompok milenial yang sangat familiar dengan dunia digital.  “Bonus demografis menjadi peluang dalam menggaet potensial buyer. Sebagai tahap awal, kami mengutamakan UKM yang telah menjadi partner Sarinah yang jadi prioritas di Sarinah online store,” jelas Ngurah.

Saat ini, komposisi pendapatan Sarinah masih didominasi oleh penjualan secara offline dengan perbandingan 80% offline  dan 20% online. Ke depan, pihaknya menargetkan prosentase tersebut berbalik dengan porsi online yang lebih unggul.

Aplikasi Sarinah Store melalui laman www.sarinahonline.co.id.Foto/RoniMawardi/BUMNTRACK

Direktur Bisnis dan Ritel Sarinah, Lies Permana Lestari menambahkan, saat ini barang-barang yang dipasarkan melalui situs online masih berupa produk yang eksisting di Sarinah, yang pada tahap awal jumlahnya baru di bawah 500 produk. “Sementara saat ini masih tahap uji coba kepada konsumen dan tahap penyempurnaan. Kami menargetkan pendapatan sebesar Rp 1 miliar  untuk penjualan melalui Sarinah Store di 2018,” ungkapnya.

Meski diawali dengan online store, ke depan Sarinah akan menjadikannya market place dengan menetapkan tiga syarat  berupa strandar kualitas, kuantitas dan kontinuitas. “Kami harus memastikan ketiga syarat tersebut dipenuhi oleh para UKM yang akan masuk dalam bisnis online kami,” imbuh Lies.

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa beserta Jajaran Direksi Sarinah saat grand launching Aplikasi Sarinah Store di gedung Sarinah lantai 5, Jakarta, Jumat (29/12).Foto/RoniMawardi/BUMNTRACK

 

Kehadiran Sarinah Online Store diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk unggulan UKM Indonesia melalui genggaman. (Evi Herawati)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses