Thursday 14th December 2017

Wawancara TEGUH JUWARNO, Ketua Komisi VI DPR RI

By: On:

1Apa tanggapan anda tentang Holding BUMN ?

Berbicara BUMN, sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 33 ayat (2), dinyatakan “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.”

Artinya, ada peran signifikan yang dimiliki BUMN sebagai agent development. Konteks kedua dari bunyi Pasal 33 ayat (2), yakni penguasaan negara yang juga harus jelas. Penguasaan negara pada cabang-cabang produksi harus juga dipastikan oleh holding BUMN.

Misal, isu holding energi, Pertamina dan PGN akan digabung. Sementara kita tahu bahwa gas ini sektor yang menguasai hajat hidup orang banyak. Minyak dan gas ini sifatnya subtitusi. Secara gamblang, jika Pertamina yang memiliki core industry di minyak dan PGN yang memiliki core industry gas digabung, lalu siapa yang mengelola gas? Kan PGN anak perusahaan, bukan BUMN.

Jika dianalisa lebih jauh, holding Pertamina dan PGN tidak bermasalah dari segi finansial. Namun bagaimana dari segi legal? Karena PGN bukan BUMN.

Maka dari itu, dapat dikatakan kebijakan ‘holdingisasi’ ini masih bersifat lemah. Belum ada kebijakan yang solid. Selain itu, pemerintah juga belum tuntas memberikan penjelasan tentang landasan pemikiran, filosofis, hukum, strategis dan politik kepada DPR.

Jauh lebih baik bila menunggu DPR merivisi UU BUMN. Kebijakan hukum kita rapihkan, maka rencana pembentukan holding akan jauh lebih baik. Karena itu, rencana ‘holdingisasi’ jangan sampai malah mengarah ke liberalisasi dan menjauhkan penguasaan sektor strategis ini dari pemerintah. Kalau sampai terjadi seperti itu, pasti akan kita (DPR) pertentangkan.

Konsep holding BUMN yang baik bagaimana menurut anda?

Rencana holding BUMN ini jika ditujukan untuk me-leverage BUMN-BUMN yang sakit atau merugi, tentu sangat baik. Jika dilihat dari sisi finansial, rencana holding BUMN ini tentu sangat menggiurkan. Tapi kita perlu melihat secara objektif. Jangan sampai rencana holding ini malah semakin membuka ruang bancakan bagi kepentingan-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses