CEO NOTES

Global Talent Management untuk Telin Global Digital Hub

Faizal R. Djoemadi, Direktur Utama PT Telkom Indonesia Internasional (Telin).

Oleh: Faizal R. Djoemadi, Direktur Utama PT Telkom Indonesia Internasional (Telin)

Rebound performansi berhasil dicapai Telin Group di Tahun 2018 melalui langkah-langkah strategis manajemen dalam merespon dengan cepat perkembangan industri telekomunikasi secara global. Telin Group dengan global office di 11 negara yaitu Singapura, Hong Kong, Timor Leste, Malaysia, Taiwan, Macau, Australia, New Zealand, Amerika Serikat, Myanmar, dan Saudi Arabia, telah melakukan transformasi strategi dengan melebarkan pasar ke enterprise dan digital player dengan tetap fokus memenuhi kebutuhan pelanggan wholesale dan retail.

Selain itu, pengembangan inovasi terhadap produk, layanan dan skema bisnis juga terus dilakukan sehingga menghasilkan inovasi produk dan layanan Cloud & ConnectivityConnectivity Hub,  A2P SMS, NeuAPiX, AppsVNO, Internet Security Service, dan lain-lain.

Keberhasilan ini tidak lepas dari pelaksanaan pengelolaan sumber daya manusia Telin Group kepada 551 karyawan dengan 16 kewarganegaraan di tahun 2018 yang diarahkan pada pengelolaan global talent untuk mewujudkan Visi Telin menjadi Global Digital Hub tahun 2021. Program pengelolaan global talent yang dilakukan Telin mencakup Great CultureGreat OrganizationGreat People dan Great System dengan menggunakan frameworksebagai berikut:

Pengembangan Great Culture dengan Budaya Perusahaan ‘The Telin Way’ dilakukan melalui 3 fase yaitu learningloving dan living yang menjadi pemersatu seluruh insan Telin Group baik di Indonesia maupun global office. ‘The Telin Way’ mengabungkan ‘The Telkom Way’ yang merupakan budaya Telkom Group dengan value unik Telin Group dalam menjalankan bisnis secara global.

‘The Telin Way’ mencakup Basic Belief Always The Best dengan esensi Ihsan sebagai Philosophy To be The Best, Principle To Be The Star: Solid Speed Smart, dan  Practices To Be The Winner: GREAT IFA (Global, Reliable, Excellence, Agile Team, Imagine, Focus, Action).

Setiap insan Teliners selalu dikembangkan dan dipupuk pemahaman budaya ini melalui berbagai kegiatan culture activation dengan nama GREAT  yang bertujuan meningkatkan engagement dan experience karyawan yang fokus pada peningkatan kesehatan, inovasi, kolaborasi dan reputasi Telin. Salah satu contoh program yang dilakukan adalah Telin Day dimana setiap bulan masing-masing subsidiary dan perusahaan afiliasi Telin membuat vlog tentang lingkungan kerjanya yang dibagikan kepada seluruh karyawan Telin Group.

Pengembangan Great Organization juga menjadi agenda penting bagi Telin untuk dapat mengoptimalkan resources dan business process yang ada di dalam Telin Group. Pada dasarnya kekuatan Telin adalah kekuatan dari pemanfaatan asset sumber daya manusia Telin yang kompeten, kredibel yang menyebar di seluruh global office dengan metode virtual organisasi. Dengan virtual organisasi maka akan dibangun integrasi di fungsi komersial, teknologi serta shared service untuk fungsi business enabler

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close