BERITA
Trending

Hasil Sinergi dengan Pegadaian, Balai Pustaka Punya Sanggar Sastra Hingga Tabungan Emas

Hasil Sinergi dengan Pegadaian, Balai Pustaka Punya Sanggar Sastra Hingga Tabungan Emas (Foto: Eka/Bumntrack)

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka memperluas pemasaran produk dan layanan antar perusahaan, PT Pegadaian (Persero) menjalin kerja dengan PT Balai Pustaka (Persero). Dari kerjasama ini, sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dioptimalkan sehingga sinergi untuk mewujudkan One Family, One Nation, One Vision to Excellence semakin nyata.

“Balai Pustaka (BP) sudah sejak awal bersinergi dengan BUMN lain, termasuk dengan PT Pegadaian. Kalau kalian datang ke BP, ada sanggar sastra, ada kelas teater, ada kelas penulisan, musikalisasi puisi, semua itu sponsornya Pegadaian Makanya dindingnya berwarna hijau,” kata Achmad Fachrodji di Jakarta, Selasa (30/7).

Kemudian, lanjutnya, buku-buku produksi Balai Pustaka yang selama ini dibeli BUMN, salah satunya dibelinya pegadaian. Selain itu, ada beberapa kegiatan lain yang melibatkan pegadaian seperti karyawan BP yang semua sudah menabung emas. “Itu sinergi yang paling mudah,” Jelasnya.

Menurutnya, sinergi BUMN dengan pegadaian memberikan kontribusi yang signifikan bagi balai pustaka. Misalkan revenue Balai Pustaka mencapai Rp200 miliar, maka kontribusi Pegadaian menyumbang Rp5 miliar atau kisaran 2,5 persen.

“Balai Pustaka tidak dituntut mencari untung besar, tetapi memberikan inspirasi besar bagi semua orang. Bahkan direksi BUMN yang besar diminta ke balai pustaka untuk melihat perusahaan yang mau mati kok bisa hidup lagi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, selama tiga tahun berturut-turut Balai Pustaka sudah bisa untung meskipun tidak sampai Rp10 miliar. Pendapatan terbesar perseoran didukung oleh penjualan buku kurikukum ke sekolah.

“Kalau PT POS bisa menjadi gudang kami, pendapatan kami bisa jadi triliun,” pungkasnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close