BERITA

Gelar Acara Bertaraf Internasional, Angkasa Pura Usung Konsep ‘Zero Waste Event’

Terkait konsep even yang digelar kali ini, pihaknya akan mengusung ‘Zero Waste Event & Go Green Support’ antara lain meminimalisasi penggunaan Botol Plastik dan penggunaan plastik lainnya selama kegiatan berlangsung. (Foto: Eka/Bumntrack)

Jakarta, Bumntrack – Dalam forum Customer Experience Global Summit 2019 yang akan diselenggarakan di Bali pada 2-5 September 2019 mendatang, PT Angkasa Pura I (Persero) akan menjadi penyelenggara sekaligus referensi terkait best practice pelayanan bandara oleh puluhan operator bandara dunia. PT Angkasa Pura I (Persero) akan berbicara di depan puluhan delegasi pengelola bandara dunia mengenai pentingnya inovasi dalam menentukan keunggulan kompetitif dan memberikan pelayanan pelanggan yang unggul.

“Kegiatan ini bakal dihadiri oleh 400 delegasi yang merupakan pengelola bandara di seluruh dunia. Selain itu juga praktisi penerbangan dari seluruh dunia yang akan menjadi pembicara. Ada juga penghargaan dan akreditasi bandara dunia yang sukses memberikan service terbaik,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura Support (Persero), Iwan Hartawan di Jakarta, Selasa (20/8).

Dalam penyelenggaraan kali ini, Angkasa Pura I tidak menggunakan pihak dari luar, tetapi memanfaatkan lima anak usaha perusahaan. Untuk pelaksana acara akan dilakukan Angkasa Pura Supports, kemudian Design & Pembuatan meja info dan Stan AP1 Group oleh Angkasa Pura Property. Sedangkan Transportasi, Travel dikoordinasikan oleh Angkasa Pura Hotels. Pengemasan Bagasi dan Logistik dikoordinasikan oleh Angkasa Pura Logistics, kemudian Design dan Produksi Souvenir oleh Angkasa Pura Retails. Even ini sekaligus menjadi tolak ukur bahwa SDM angkasa pura mampu menyelenggarakan even bertaraf internasional.

Terkait konsep even yang digelar kali ini, pihaknya akan mengusung ‘Zero Waste Event & Go Green Support’ antara lain meminimalisasi penggunaan Botol Plastik dan penggunaan plastik lainnya selama kegiatan berlangsung.

“Konsep acara ini mengusung konferensi yang berkualitas dalam mengurangi dampak lingkungan. Kami mengajak peserta untuk membawa botor air isi ulang dan mengajak sponsor untuk memberikan souvenir daur ulang. Tanda Peserta & talinya pun terbuat dari material ramah lingkungan. Kemudian jarak antar lokasi kegiatan sedapat mungkin bisa dicapai dengan berjalan kaki, dengan route yang disiapkan sehingga memudahkan peserta untuk mencapai lokasi acara,” jelasnya.

Angkasa Pura I bangga karena seluruh pengelola bandara dunia yang menjadi anggota ACI World antusias untuk belajar dari pengalaman Angkasa Pura I, satu-satunya pengelola bandara di Indonesia yang berkesempatan membagikan best practice dalam mengelola pengalaman pengguna jasa bandara di Indonesia.

“Melalui kegiatan menjadi tuan rumah event Customer Experience Global Summit 2019, semua bandara Angkasa Pura I diharapkan dapat mempromosikan dan menjalin kerjasama melalui berbagai macam pengalaman dan hospitaly yang ada. Angkasa Pura I akan menjadi benchmark acara ACI. Melalui zero waste event, juga diharapkan dapat mengurangi bahan yang merusak lingkungan,” jelasnya.

Untuk mengukur tingkat kesuksesan pelayanan pelanggan, pengelola bandara dapat berpartisipasi pada Airport Service Quality (ASQ) Programme di mana di dalamnya terdapat berbagai macam program untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa suatu bandara, termasuk di dalamnya terdapat program penghargaan bagi pengelola bandara dengan tingkat kepuasan pelanggan tinggi. Namun, bagi Angkasa Pura I, berpartisipasi pada ASQ Programme bukan semata untuk memenangkan penghargaan, namun lebih jauh partisipasi ini merupakan program benchmarking berharga yang mendorong Angkasa Pura I untuk menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik lagi.

“Layanan pelanggan yang unggul merupakan proses berkelanjutan yang harus diiringi oleh komitmen, konsistensi, dan termonitor dengan baik pada setiap tingkat hirarki organisasi kami. Semua ini tentang mengelola ekspektasi pelanggan internal dan eksternal di tengah lingkungan bisnis aviasi yang semakin dinamis belakangan ini,” kata ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I Devy Suradji.

Berbagai topik yang akan dibahas pada pertemuan ini nantinya terkait: mengelola kepuasan pelanggan pada era disrupsi, akreditasi pengalaman pelanggan, mengelola pertumbuhan sekaligus pengalaman pelanggan, memfasilitasi perjalanan bagi semua, memastikan hasil, dan “satu bandara, banyak perjalanan penumpang”.

Sebagai informasi, ACI Customer Experience Global Summit akan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu hari pelatihan pada 2 September yang berfokus pada implementasi dan manajemen ASQ Survey, ASQ Forum yang menyediakan temuan dan pelajaran utama dari ASQ Programme pada 3 September, Customer Excellence Global Summit pada 4-5 September, dan Gala Dinner serta malam penganugerahan tahunan ASQ Awards pada 5 September.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close