BERITA

Pergi Naik Lion Air? Simak Daftar Penyesuaian Tarif Bagasi

Lion Air Airbus 330-300 - 2
Lion Air Airbus 330-300 – 2

Jakarta, Bumntrack.co.id – Lion Air, Batik Air dan Wings Air mulai 1 September 2019 memberlakukan penerapan tarif bagasi baru yang berlaku untuk pembelian saat pelaporan di bandar udara karena kelebihan berat/dimensi (excess baggage ticket/EBT).

“Saat ini Batik Air sebagai maskapai berkonsep layanan penuh (full services airlines) memberikan bagasi tercatat cuma-cuma 20kg. Lion Air dan Wings Air sebagai maskapai kategori layanan minimum (no frills/ budget airlines) dengan menghadirkan bagasi tercatat 0kg (nol kilogram). Seiring perkembangan pasar penerbangan, Lion Air dan Wings Air sudah memberlakukan penerapan bagasi 0 kg serta mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi tercatat untuk penerbangan di Indonesia (domestik) dan internasional,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro di Jakarta, Selasa (27/8).

Untuk biaya kelebihan bagasi (excess baggage) mengikuti berat aktual sesuai aktual penghitungan timbangan di bandar udara dan tetap dikenakan apabila tamu atau penumpang membawa bagasi melebihi berat, setelah dibandingkan dengan baggage allowance dan pre-paid baggage.

Tarif kelebihan berat/ dimensi (excess baggage ticket/ EBT) dihitung per kilogram (kg) berbeda-beda menurut maskapai pada rute yang dilayani. Sebagai contoh, Lion Air rute Soekarno-Hatta (CGK) – Yogyakarta Adisutjipto (JOG) Rp24.000 karena durasi terbang kurang dari 1 jam. Kemudian Soekarno-Hatta (CGK) – Medan Kualanamu (KNO) Rp49.000 karena durasi terbang 2 jam.

Sedangkan Batik Air, Soekarno-Hatta (CGK) – Yogyakarta Adisutjipto (JOG) tarif kelebihan bagasi Rp33.000 karena durasi terbang kurang 1 jam. Sedangkan tujuan oekarno-Hatta (CGK) – Medan Kualanamu (KNO) Rp70.000 karena durasi 2 jam.

Untuk Wings Air Surabaya (SUB) – Banyuwangi (BWX) tarif ebt Rp28.000 dengan durasi terbang 1 jam. Sedangkan Bandung Husein Sastranegara (BDO) – Bengkulu tarif Rp44.000 karena durasi lebih dari 2 jam.

Untuk menghemat biaya perjalanan, Lion menawarkan pembelian pre-paid baggage. Kuota bagasi (extra baggage allowance) dilakukan sebelum waktu keberangkatan tersedia 5, 10, 15, 20 kg hingga 30 kg per penumpang.

“Pembelian bagasi dengan harga lebih hemat bisa dilakukan pada saat dan setelah pembayaran tiket (issued ticket), ketentuan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan. Travelers akan mendapatkan nilai lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi yang disesuaikan tingkat keperluan. Sebaliknya, bila berangkat tanpa bagasi, maka tidak perlu membayar bagasi,” jelasnya.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close