LIFESTYLE

Marketing Analytics Untuk Pertumbuhan Bisnis

Saat ini tersedia banyak pilihan perangkat marketing analytics. Jangan terjebak hanya menggunakan satu saja. Integrasikan beberapa pilihan untuk mendapatkan pendekatan yang sesuai dengan strategi organisasi.

Strategi menyeluruh perusahaan harus menjadi basis pilihan analytics. Tanpa panduan strategi, biasanya perusahaan mengalokasikan uang pemasarannya berdasarkan anggaran tahun sebelumnya, atau menempatkan anggaran terbesarnya pada lini bisnis atau lini produk yang dalam dua triwulan terakhir ‘bernasib baik’ (omzetnya meningkat).

Pendekatan-pendekatan semacam ini dapat berubah menjadi “kontes kecantikan” yang memberi hadiah pada proposal (rencana dan anggaran) yang tampak paling keren atau pada departemen yang suaranya paling keras, bukan pada bidang-bidang yang paling memerlukan pertumbuhan atau mempertahankan posisinya.

Pendekatan yang lebih baik untuk menilai proposal (rencana dan anggaran) pemasaran adalah berdasar kan manfaat strategis, nilai ekonomi, dan pengembalian (ROI). Mengevaluasi opsi menggunakan criteria dan indikator tersebut memberikan konsistensi dalam membandingkan berbagai proposal (rencana dan anggaran) pemasaran. Ukuran ini dapat dikombinasikan dengan berbagai prasyarat, seperti batas pengeluaran, batas biaya promosi untuk media tertentu, dan komitmen yang lain.

Pendekatan funnel memprioritaskan untuk menghasilkan kesadaran merek sebanyak mungkin. Padahal, saat ini, perjalanan konsumen untuk sampai membuat keputusan (konversi) jauh lebih dinamis. Selain itu, perilaku konsumen tunduk pada banyak sekali pengaruh.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan penghasil perabot rumah tangga biasanya menghabiskan sebagian anggaran pemasaran pada iklan cetak, televisi, dan display untuk untuk menarik konsumen sasarannya.

Namun, analisis perjalanan keputusan konsumen menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mencari perabot rumah tangga akan merambah website peritel hanya kurang dari 9% yang mengunjungi website produsen. Ketika perusahaan tersebut mengalihkan anggaran iklannya untuk memperkuat konten di website peritel, penjualan melalui e-commerce meningkat 21%.

Dengan berkembangnya teknologi big data dan artificial intellegence, fungsi pemasaran memanfaatkannya juga untuk membangun loyalitas pelanggan melalui pelayanan dan penciptaan pengalaman.

Dengan memanfaatkan big data dan analytics , pemasar profesional dapat menjalankan strategi pemasaran dan penjualannya secara lebih akurat dan terukur, untuk memberi hasil nyata berupa kinerja bisnis dan kinerja organisasi.

salah satu kesulitan analytics dalam pemasaran adalah menciptakan personalisasi baik dalam hal produck/jasa maupun dalam iklan atau promosi dan pelayanannya.

Meskipun sumber data baru yang melimpah telah meningkatkan ilmu marketing analytics, “seni” tetap memainkan peran penting. Penilaian bisnis (business judgment) diperlukan untuk menguji atau memvalidasi pendekatan analytics, sedangkan kreativitas dibutuhkan untuk mengembangkan cara baru dalam mendapatkan, mengeksplorasi, dan menggunakan data.

Bagaimana memanfaatkan marketing analytics untuk mencapai tujuan branding jangka panjang dan tetap mengejar tujuan penjualan jangka pendek ?

PPM MANAJEMEN Melalui Forum Kajian Manajemen akan membahas tentang :

  • Memahami Marketing Analytics untuk pengalaman pelanggan
  • Pemahaman Marketing Anlytics for Branding
  • Praktik  Marketing Analytics untuk mendongkrak pertumbuhan pasar
  • mengerti mengenai marketing analytics for personalized offering ( penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi personal )

Hari    : Rabu, 28 Agustus 2019

Pukul :  08.30 – 17.00 WIB

Lokasi            : PPM Manajemen – Gedung Bina Manajemen

Jl. Menteng Raya 9 (Tugu Tani) Jakarta Pusat

Informasi Lengkap: https://ppm-manajemen.ac.id/r/xtM

Informasi & Pendaftaran :

Email   : [email protected]

Telpon : 021-2300313 ext. 1418 

              (Senin sd Jumat Jam 08.00 – 17.00 WIB, Sabtu Jam 08.00-12.00 WIB)

WA      : 0857 7860 2887 (Budi) / 0857 4166 4118 (Ratih)

Web: https://majalahmanajemen.com/2019/07/24/talent-analitycs/

Daftar : http://majalahmanajemen.com/pendaftaran-online-fkm/

Atau 

Datang langsung ke PPM BOOK STORE di Gedung A, 

Lantai 1 (samping Lobby gedung A)

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close