Page 54 - BUMNTrack Edisi Desember 2019
P. 54
kronika
KCI Tambah Frekuensi Perjalanan KRL
Pasca penetapan Grafik Perjalanan Kereta 2019 (Gapeka miliar per tahun.KCI juga terus melakukan pengembangan
2019), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menambah di fasilitas perawatan dengan pembelian mesin penunjang
frekuensi perjalanan KRL mulai 1 Desember 2019. hingga melakukan perpanjangan jalur perawatan agar bisa
Frekuensi perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) bertambah digunakan untuk kereta stamformasi (SF) 12.
secara bertahap mulai dari 958 perjalanan dan 84 Selain itu, demi memberikan rasa aman dan nyaman,
rangkaian kereta menjadi 1.001 perjalanan dengan 90 PT KCI melakukan perawatan dan pemiliharaan dalam
rangkaian hingga akhir 2020. tiga periode yaitu harian, bulanan, dan tahunan.
“Dengan bertambahnya frekuensi perjalanan KRL, kami Khusus untuk periode dua tahunan dan empat tahunan
prioritaskan KRL dengan rangkaian 12 kereta (Stamformasi/ akan dilakukan perawatan di Dipo Depok. Sedangkan
SF 12),” kata Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti di Dipo Bogor dan Manggarai untuk perawatan daily dan
Depok Jawa Barat, Kamis (21/11). bulanan. “Dipo Depok merupakan Dipo terluas di Asia
Sebagai Operator KRL, PT KCI memiliki 1.060 unit Tenggara. Luasnya mencapai 26 hektar. KCI juga memiliki
terdiri dari rangkaian 8 kereta, 10 kereta dan 12 kereta. Dipo Manggarai dan Dipo Bogor,” kata VP Perencanaan
Seluruh rangkaian kereta tersebut merupakan kereta bekas dan Evaluasi Pemeliharaan, Budi Heryanto.
impor dari Jepang. Meskipun demikian, perawatan dan Untuk perawatan harian, pengecekan dilakukan
kehandalan kereta dari Jepang telah teruji dapat digunakan saat siang dan malam hari disaat tidak terjadi lonjakan
selama lebih dari 15 tahun. Untuk tetap memberikan penumpang. Waktu perawatan cek harian membutuhkan
kualitas yang handal, PT KCI melakukan treatment khusus waktu sekitar 60 menit. Sedangkan cek bulanan dilakukan
pada KRL yang dimiliki, mulai dari pengecekan, pengecetan, secara periodik 1,3,6 hingga 12 bulan.Tidak hanya impor
penyetelan, hingga perawatan. kereta, lanjutnya, Sumber Daya Manusia juga turut
“Proses perawatan terus kita lakukan rutin, sesuai dilakukan peningkatan kapasitas melalui alih teknologi.
dengan standar Jepang. Selain itu, perbaikan sarana dan Perusahaan mengirim beberapa SDM ke Jepang untuk
prasarana juga dilakukan sesuai dengan kewenangan belajar, kemudian tenaga ahli dari Jepang juga akan datang
yang diberikan seperti perbaikan hall, renovasi stasiun ke Indonesia untuk memastikan ilmu yang telah diperoleh
Rangkasbitung hingga kalibata,” tambahnya. dapat diserap dan aplikasikan.
Untuk melakukan perawatan rutin dan penggantian Terkait suku cadang, KCI melakukan pembelian
suku cadang KRL, PT KCI menyiapkan anggaran Rp200 dan penggantian suku cadang meliputi roda, blok rem
hingga pantograf
didatangkan
langsung dari
Jepang. Karena unit
kereta merupakan
armada bekas
dari Jepang maka
suku cadangnya
dijamin akan terus
disediakan oleh
mitra mereka yakni
JR East Japan.
“Ada jaminan
disuplai dari sana.
Jadi walaupun
bekas, tapi jaminan
suku cadangnya
tidak terhenti. Kalau
berhenti kami tidak
bisa operasi,” kata
Direktur Teknik KCI
Saridal.
54 | BUMN Track | No. 143 TAHUN XII DESEMBER 2019
KRONIKA.indd 54 12/11/19 7:28 PM