Page 50 - BUMNTrack Edisi Desember 2019
P. 50
Center (DRC), pengelolaan e-mail melakukan perubahan sistem yang perusahaan dapat menyesuaikan
system, pengelolaan website lama ke sistem yang baru. “Dengan kebutuhan preventive maintenance dan
perusahaan serta seat management. komitmen top management yang predictive maintenance.
Oggy mengatakan, Service Level didukung oleh kerja keras dan INALUM saat ini juga dalam
Agreement (SLA) yang tinggi untuk semangat para change leader serta proses mengintegrasikan bisnis
layanan internet perusahaan semua karyawan INALUM, akhirnya proses sekaligus optimalisasi ERP,
menjadikan implementasi ERP SAP, INALUM berhasil go live ERP SAP hanya dengan menggunakan business
system e-mail dan module Supplier dalam waktu 7 bulan, jauh lebih cepat intelligence sebagai basis untuk
Management System (SRM) di dari penerapan di perusahaan lain yang pengambilan keputusan. “Dengan
website perusahaan menjadikan rata-rata minimal membutuhkan waktu sistem yang terintegrasi nantinya
semua pihak yang terkait bisa 12 bulan,” imbuhnya. akan menghasilkan Big Data yang
bekerja secara optimal. Selain itu, Melalui pemanfaatan sistem ERP bisa diolah menjadi suatu informasi
backup data operasi SAP yang ready dan proses bisnis secara best practice, yang bisa kami gunakan untuk
anytime di DRC, maintenance INALUM optimis dapat menentukan kapan kita melakukan
operasional server SAP yang baik dan bertransformasi menjadi perusahaan pemesanan pasokan, kapan kita harus
dukungan manage service yang prima yang setara dengan perusahaan tetap mejaga ketersediaan serta
bisa menjamin kesinambungan global lainnya dalam penggunaan kapan kita bisa menjual pada saat
implementasi ERP. sistem informasi berbasis ERP SAP. harga yang bagus,” terangnya.
Implementasi ERP SAP sendiri Ke depan, pihaknya menyadari Reputasi TELKOM yang dikenal
terdiri dari 11 modul Financial masih banyak area improvement dari sebagai perusahaan ICT terbesar di
Accounting and Controlling, Human sisi produksi yang bisa dioptimalkan Indonesia, profesional dan
Resource, Material Management, melalui penerapan ICT. “Syukur- responsif membuat INALUM yakin
Production Planning, Project System, syukur bisa menghemat sampai 50 untuk mempercayakan kebutuhan
Plant Maintenance, Customer juta dollar per tahun,” ungkap Oggy. ICT nya kepada TELKOM.
Relationship Management, Supplier Beberapa hal misalnya, untuk Manajemen percaya, solusi ICT
Relationship Management, Business mencatat kepastian jumlah quantity dapat memberikan sumbangsih
Planning, Business Intelligence, dan bahan baku dari main storage (silo) kepada pertumbuhan ekonomi
Sales Distribution. Pada saat awal yang turun ke distribution bin hingga daerah dan nasional melalui
penerapan, kesolidan dan komitmen top ke tungku peleburan. Begitu pula kegiatan operasional dan
management diuji dalam implementasi untuk mekanisme pergantian pengembangan usaha yang
ini karena tidak mudah untuk sparepart. Sehingga ke depannya nanti berkesinambungan.
INALUM.indd 50 12/11/19 7:27 PM