Page 35 - Edisi Januari 2020
P. 35

triliun dan mencatat laba bersih
               Rp 3,1 triliun. Dan yang lebih
               signifikan adalah pertumbuhan
               jumlah nasabah Pegadaian yaitu
               sebesar 30,2% dari 10,6 juta
               menjadi 13,8 juta.
               Transformasi
               Melahirkan Inovasi
               Menyambut persaingan bisnis
               yang kian dinamis dan perubahan
               lingkungan industri, Pegadaian
               tidak berhenti melakukan inovasi.
               Begitu pula semangat yang
               diberikan oleh seluruh insan
               Pegadaian. Tanpa lelah, mereka
               sigap menyikapi tantangan secara
               inovatif, kreatif, adaptif serta
               proaktif dengan menciptakan        potensi dari Pegadaian yang bisa   persaingan. “Strategi G-5tar
               dan melakukan improvement atas     dioptimalkan untuk meningkatkan   merumuskan bagaimana Pegadaian
               produk dan layanan Pegadaian.      kinerja dan tumbuh secara         untuk terus tumbuh melalui
                  Meskipun dari sisi kinerja      berkelanjutan.                    improvement maupun inovasi
               operasional dan keuangan             Dalam era industri 4.0 saat     produk dan layanan baru dengan
               dalam lima tahun terakhir selalu   ini, Pegadaian sudah menetapkan   mengoptimalkan sistem teknologi
               menunjukkan kinerja gemilang       landasan transformasi melalui     ter-update, yang didukung dengan
               dengan pertumbuhan rata-rata       strategi G-5tar (Grow Core, Grab   SDM berkualitas dengan mindset
               double digit, tak lantas membuat   New, Groom Talent, Gen Z-Tech,    dan culture baru yang lebih pro
               Sang Dirut berpuas diri. Ia        dan Great Culture). Landasan      aktif dalam peningkatan penjualan
               menyadari tantangan ke depan       transformasi tersebut diterapkan   dan kinerja,” ungkap Kuswiyoto.
               akan makin ketat, namun di sisi    guna mengantisipasi perubahan        Khusus untuk beradaptasi dengan
               lain, ia melihat masih banyak      lingkungan industri dan dinamika   era industri 4.0 ini, Pegadaian terus
                                                                                    melakukan digitalisasi proses bisnis
                                                                                    maupun dalam pengembangan
                                                                                    distribusi. Hal ini sejalan dengan
                                                                                    kebutuhan masyarakat yang
                                                                                    memerlukan layanan yang
                                                                                    cepat, mudah dan akurat, serta
                                                                                    perkembangan teknologi informasi
                                                                                    yang berubah cepat.
                                                                                       “Layanan digital merupakan
                                                                                    tuntutan zaman yang tak bisa
                                                                                    dihindari. Pegadaian pun menyikapi
                                                                                    hal tersebut secara proaktif.
                                                                                    Perusahaan tidak boleh berhenti
                                                                                    melakukan inovasi jika ingin
                                                                                    terus tumbuh dan berkembang di
                                                                                    masa yang akan datang. Jika tidak
                                                                                    merespon perubahan teknologi dan
                                                                                    kebutuhan masyarakat, dipastikan
                                                                                    perusahaan itu akan ditinggalkan
                                                                                    oleh pelanggan,” paparnya.
                                                                                       Saat ini, telah hadir beberapa



                                                                               No. 144 TAHUN XIII JANUARI 2020 |     BUMN Track     |     35



       LAPSUS.indd   35                                                                                           1/14/20   4:40 PM
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40