BERITA

Akurasi Capai 90 Persen, KAI Akan Gunakan GeNose

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka mendukung produksi dalam negeri, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan uji coba pemanfaatan alat deteksi Covid-19 GeNose di stasiun Pasar Senen oleh Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandaitan.

GeNose C19 merupakan alat pendeteksi Covid 19 yang merupakan inovasi dari tim peneliti Universitas Gadjah Mada. Alat ini melakukan skrining Covid-19 melalui embusan nafas, sehingga memberikan rasa nyaman dan dapat digunakan oleh masyarakat dari anak-anak hingga lansia. Pengecekan melalui alat GeNose juga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan rencananya untuk menerapkan penggunaan GeNose C19 pada awal bulan depan di Stasiun Pasarsenen, Jakarta Pusat. Pihaknya sudah berkoordinasi terkait rencana tersebut dengan Kementerian Kesehatan dan stakeholder terkait. Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan harapan agar kedepannya para calon penumpang yang hendak bepergian tidak lagi dibebani dengan biaya tes virus Corona.

“KAI akan terus mendukung upaya Pemerintah dalam melakukan upaya 4T (Tracking, Tracing, Testing, dan Treatment). Salah satunya dengan penerapan hasil karya anak negeri, GeNose, sebagai alat deteksi Covid 19 di simpul-simpul transportasi umum, seperti stasiun kereta api,” kata Dirut KAI, Didiek Hartantyo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (24/1).

GeNose C19 adalah alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gajah Mada dan sudah mendapatkan Izin Edar dari Kementerian Kesehatan. Adapun pengambilan sampel dari GeNose C19 berupa embusan napas dan hasil tes dapat langsung diketahui hanya dalam waktu 3 menit. Tarifnya pun diperkirakan berkisar di Rp20.000 untuk satu kali tes dengan akurasi diatas 90%. KAI berencana akan membeli GeNose C19 yang nantinya akan digunakan di berbagai stasiun kereta api.

“Saat ini KAI masih menunggu regulasi lebih lanjut dari pemerintah terkait penggunaan GeNose C19 tersebut pada moda transportasi umum,” tambahnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button