Jakarta, BUMN TRACK – Peningkatan dana murah dan layanan terintegrasi untuk nasabah whole sale banking menjadi salah satu fokus bisnis PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Untuk itu BTN meluncurkan platform Bale Korpora by BTN. Tujuannya menggembangkan segmen nasabah korporasi sekaligus meningkatkan layanan cash management. Platform tersebut menjadi salah satu strategi BTN untuk meningkatkan komposisi dana murah dalam kondisi tren biaya dana yang mahal.
Melalui Bale Korpora BTN berupaya memperkuat pendanaan, terutama dana murah dari institusi di berbagai sektor. Hingga akhir 2024, dana murah berupa tabungan dan giro (current account saving account/CASA) menyumbang lebih dari 54 persen dana pihak ketiga BTN. Untuk itu, BTN berupaya menarik nasabah institusi dengan menitikberatkan kelebihan Bale Korpora pada fitur-fitur baru yang lebih relevan dan solusi yang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan nasabah.
Direktur Distribution & Institutional Funding BTN, Jasmin mengatakan,“BTN terus membidik institusi-institusi yang memiliki transaksi dalam nominal yang besar dan membutuhkan pengelolaan kas yang lebih baik. Kami berharap dapat menggenjot pendanaan dari Bale Korpora hingga Rp90 triliun atau bertumbuh lebih dari 50 persen secara year-on-year. Sedangkan jumlah pengguna Bale Korpora diharapkan dapat mencapai 21.000 pada akhir tahun ini dengan jumlah pengguna yang lebih berkualitas transaksinya.”
Saat ini, BTN Cash Management melayani 17.000 nasabah yang didominasi oleh industri properti, yaitu para developer dan kontraktor. Dengan adanya Bale Korpora, BTN membidik segmentasi nasabah yang lebih luas, contohnya sektor pendidikan, kesehatan, dan perusahaan manufaktur.
Jasmin berharap kehadiran Bale Korpora menjadi salah satu penggerak pertumbuhan bagi pendapatan BTN di luar bunga (fee based income). Dengan adanya fitur-fitur yang lebih menarik pada Bale Korpora, fee based income pada tahun ini dapat meningkat di kisaran 70 persen dibandingkan 2024.
Platform Bale Korpora tersebut, lanjut Jasmin, mengintegrasikan seluruh layanan korporasi dan bisnis wholesale banking BTN. Tujuannya memberikan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi perbankan untuk keperluan usaha mereka. Platform tersebut bagian dari transformasi digital BTN dengan menawarkan solusi terintegrasi yang menyatukan berbagai layanan wholesale BTN. Sebelumnya layanan tersebut tersebar pada platform yang berbeda-beda atau stand-alone platform.
“Bale Korpora membuat nasabah korporasi lebih mudah dan nyaman mengelola keuangan karena hanya perlu satu kali log-in atau single sign-on melalui Bale Korpora untuk menikmati seluruh layanan whole sale BTN tanpa harus berpindah platform,” Jasmin dalam bincang santai bersama media dalam acara Penghargaan Anugerah Jurnalistik & Foto BTN 2025 s di Jakarta, (12/3/2025).
Jasmin menambahkan, sebelum ada Bale Korpora nasabah harus berpindah-pindah platform sehingga aktivitas transaksi akan memakan waktu dan tidak efisien bagi perusahaan atau individu yang memiliki bisnis. Bale Korpora menjadi pintu masuk terhadap seluruh layanan wholesale BTN, yaitu Cash Management, e-Guarantee, Financial Supply Chain Management dan lain-lain. Dengan mengakses Bale Korpora, lanjut dia, nasabah institusi dan usaha perorangan yang memiliki giro dapat menikmati layanan berbasis website yang fleksibel untuk digunakan, aman, serta dapat diakses dimana pun dan kapan pun.
“Dengan layanan Bale Korpora, nasabah hanya perlu memiliki giro dan kredensial berupa Company ID, User ID, dan password yang terdaftar pada salah satu layanan Bale Korpora. Semua penggunaan Bale Korpora bebas biaya, kecuali biaya untuk transaksi tertentu sesuai ketentuan masing-masing layanan wholesale,” jelas Jasmin.
Ke depan, BTN akan mengembangkan layanan Bale Korpora untuk memenuhi kebutuhan transaksi lainnya, seperti trade finance, pembukaan rekening giro secara online, dashboard untuk industri spesifik, dan negosiasi untuk jual-beli valuta asing. Jasmin mengatakan, fitur-fitur tersebut dirancang untuk membantu nasabah meningkatkan efisiensi operasional mereka karena adanya visibilitas keuangan yang lebih tinggi serta kenyamanan, ditunjang dengan layanan personal yang proaktif terhadap kebutuhan nasabah. (*)