BERITA

9th BBMA 2021, Apresiasi BUMN yang Adaptif dan Kolaboratif Menembus Pasar Global

Jakarta, Bumntrack.co.id – BUMN Track didukung oleh DMID kembali menyelenggarakan BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) tahun 2021 dengan mengangkat tema “Adaptive Through Collaboration in Order to Stay Relevant”. Kegiatan yang memasuki tahun ke-9 ini bertujuan untuk mendorong perilaku adaptif dan semangat kolaborasi di kalangan BUMN melalui optimalisasi branding dan marketing demi menjaga bisnis yang berkelanjutan.

Sebanyak 107 perusahaan yang terbagi atas kategori BUMN, Anak Perusahaan BUMN dan BUMN Tbk berkompetisi pada ajang 9th BUMN Branding and Marketing Award 2021. Selanjutnya, peserta yang lolos tahap seleksi kedua berupa wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri mengerucut menjadi 49 perusahaan. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berhasil menyapu bersih seluruh nominasi penghargaan Branding dan Marketing pada kategori BUMN Tbk.

CEO BUMN Track SH Sutarto mengatakan, BUMN Track selaku media yang telah terverifikasi Dewan Pers konsisten memberikan apresiasi kepada BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang telah berkontribusi bagi peningkatan kinerja, khususnya melalui penguatan strategi branding dan marketing.

“Kami turut mengapresiasi BUMN yang telah berinovasi membangun citra dan memasarkan produk perusahaan sesuai dengan semangat Kementerian BUMN, yaitu dinamis, adaptif, progresif, kolaboratif dan inovasi yang berorientasi pada masa depan,” ungkapnya dalam malam penganugerahan BBMA 2021 di Hotel JW Marriott, Jakarta, Rabu (15/12).

Ketua Dewan Juri BBMA 2021 sekaligus Co Founder & Executive Chairman WIR Group, Daniel Surya mengatakan, pendemi Covid-19 telah membawa perubahan besar terhadap tatanan kehidupan maupun model bisnis. Perubahan yang sangat cepat menuntut ketepatan strategi branding dan marketing di masing-masing perusahaan, di tengah tuntutan konsumen yang kian beragam.

“Tren konsumen saat ini mengharapkan brand yang fokus pada transparansi, pengalaman, tanggung jawab perusahaan, keberlanjutan dan membangun komunitas dari sekadar membangun kualitas. Prinsip kolaborasi dinilai sangat tepat untuk mencapai kesuksesan, terlebih di kondisi post pandemic, karena dapat meningkatkan efisiensi, menciptakan ide-ide baru dan membangun jaringan yang semakin luas,” ungkap Daniel.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Kehormatan BBMA 2021 Dr. Ir. Arief Yahya, MSc mengatakan, ada tiga tujuan utama dari awarding yang mempengaruhi peningkatan revenue perusahaan.. Pertama, untuk mengkalibrasi. Kedua, meningkatkan kredibilitas perusahaan. Dan ketiga, meningkatkan self confidence.

“Ada tiga keterkaitan, yakni calibration, credible, confidence. Ketika brand kita tidak dikenal maka penjualan kita akan lemah. Begitupula sebaliknya. Ketika brand kita dikenal baik oleh masyarakat, bahkan dunia, kredibilitas dan kepercayaan diri akan menguat seiring dengan pendapatan yang terus meningkat. Inilah pentingnya pengaruh brand ke sales dan revenue,” ungkap Arief Yahya.

Menteri Pariwisata RI tahun 2014-2019 sekaligus peraih CEO BUMN Terbaik tahun 2012 versi BUMN Track ini juga mencermati perkembangan yang berlangsung di BUMN. Ia mengapresiasi orientasi bisnis BUMN yang mengarah kepada global player.

“Jika ingin menjadi global player, maka perusahaan harus memiliki global standard baik dalam strategi branding maupun marketing. Hal ini sangat relevan dengan event BBMA 2021 karena kami turut menilai aspek Global Branding and Marketing,” ujar Arief Yahya.

Seperti yang terlaksana pada tahun-tahun sebelumnya, proses penjurian BBMA 2021 berlangsung dua tahap, yakni selesi tahap I berupa pengisian kuesioner dilanjutkan seleksi tahap II berupa presentasi secara online di hadapan para dewan juri pada 25 November-3 Desember 2021.

Terdapat lima kategori besar penilaian, mencakup empat aspek Branding Award (Brand Strategy; Brand Identity; Brand Communication & Activation; Digital Branding), dua aspek Marketing Award (Creative Communication & Implementation; Technology Enhancement), dua aspek Global Branding and Marketing Award (Global Brand and Marketing Strategy; International Recognition), dua aspek Adaptive Through Collaboration (Local Collaboration; International Collaboration), dan empat aspek The Best CMO BUMN Branding and Marketing (Creative Marketing Initiative; Leadership & Teamwork; Personal Communication; Corporate Marketing Performance).

Malam penganugerahan BBMA 2021 di Hotel JW Marriott digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh tamu undangan yang hadir mematuhi protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang tersedia di berbagai titik. Untuk menjaga jarak antar tamu undangan, kapasitas juga dibatasi. Tamu undangan juga wajib melakukan scan barcode melalui aplikasi Pedulilindungi sebelum masuk lokasi.

Berikut Susunan Dewan Juri BBMA 2021.

KETUA DEWAN JURI KEHORMATAN
Dr. Ir Arief Yahya, MSc, Menteri Pariwisata RI Tahun 2014 – 2019, CEO BUMN Terbaik – Anugerah BUMN 2012

DEWAN JURI

  1. Daniel Surya – Co Founder & Executive Chairman WIR Group (Ketua)
  2. Dr. Handito Joewono – Chief Strategyc Consultant Arrbey (Anggota)
  3. Prof. Dr. PM. Budi Haryono – Guru Besar Universitas Kristen Krida Wacana (Anggota)
  4. Dr. Agus Nurudin – Chairman BUMN Track Consulting (Anggota)
  5. Final Prajnanta – CEO Multinational Company ADAMA (Anggota)
  6. Bob Hekkelman – Chief Brand & Media Growth Evangelist, WIR Group (Anggota)
  7. Almira Shinantya – Managing Director DMID (Anggota)
  8. Grace Anastasia – Head of Consultant DMID (Anggota)
  9. Mas Sulistyo – Desain Director DMID (Anggota)
  10. Sutan Banuara – Director of Brand Finance Indonesia (Anggota)
  11. Firmansyah Usman – Associate Design Director DMID (Anggota)
  12. Ahmed Kurnia – Chairman BUMN Track (Anggota)
  13. Akhmad Kusaeni – Chief Editor BUMN Track (Anggota)
  14. SH Sutarto – CEO BUMN Track (Anggota)

Artikel Terkait

Back to top button