
Jakarta, Bumntrack.co.id – BUMN TRACK didukung oleh Arrbey Consulting kembali menggelar BUMN Branding and Marketing Award 2020 ke-8 dengan tema “Optimizing Omni Channel on Branding and Marketing”. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan berkinerja unggul dan berkompetisi di pasar global dalam menoptimalisasi Omni Channel sekaligus sebagai alat ukur keberhasilan bisnis.
Sebanyak 114 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN turut berkompetisi pada ajang 8th BUMN Branding and Marketing Award 2020. Sementara peserta yang lolos tahap seleksi kedua berupa wawancara dan presentasi di hadapan dewan juri mengerucut menjadi 59 perusahaan.
“Omnichannel memiliki hubungan yang linier atau relevan antara pencapaian branding dan marketing masing-masing BUMN terhadap revenue, tingkat kesehatan perusahaan serta terhadap keuntungan perusahaan,” kata Ketua Dewan Juri BUMN and Marketing Award 2020 sekaligus Menteri BUMN 2004-2007 di Jakarta, Kamis (5/11).
Menurutnya, tantangan yang dihadapi di era VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous) saat ini lebih besar, sehingga memaksa para BUMN dan Anak Perusahaan BUMN untuk tidak hanya keluar dari krisis, tetapi juga mampu menjangkau cara-cara baru demi berkompetisi dengan gempuran investor global yang menyesuaikan dengan paradigma korporasi saat ini, yaitu people, profit, planet.
Untuk diketahui, kategori pemenang BUMN Branding and Marketing dibagi dalam tiga sektor, yakni BUMN, Anak Perusahaan BUMN dan BUMN Tbk. Proses penjurian BUMN Branding and Marketing BUMN 2020 berlangsung dua tahap, yakni pertama, pengisian kuesioner pada 8 Septeber-6 Oktober 2020. Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi tahap 1 melanjutkan sesi presentasi dan wawancara di hadapan dewan juri pada 13-21 Oktober 2020. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, proses pengisian kuesioner dan penjurian dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting.
Pada kategori korporasi, PT Garuda Indonesia (Persero) sebagai maskapai terbaik kebanggaan bangsa yang terus agresif melakukan inovasi branding di tengah situasi pandemi, dinobatkan sebagai The Best Branding. Tak hanya dari segi korporasi, CEO Garuda Indonesia pun turun tangan langsung mengawal proses branding dan marketing perusahaan, salah satunya dengan menggandeng Rans Entertainment.
Selanjutnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang gencar menggaet pasar UMKM, serta melakukan terobosan melalui metode inkubasi dan pembentukan ekosistem bagi keberlanjutan UMKM, ditunjuk sebagai pemenang The Best Marketing. Sementara PT Pertamina (Persero) yang telah melebarkan layanan dan sayap bisnisnya di lingkup nasional maupun global, baik melalui induk maupun anak perusahaannya, didaulat menjadi The Best Global Branding and Marketing.
Berikut daftar lengkap pemenang BUMN Branding dan Marketing Award 2020:
A. Branding Award
▪ Brand Strategy : PT. Wijaya Karya Realty
▪ Brand Identity : PT. Citilink Indonesia
▪ Brand Communication : PT. Pertamina Lubricants
▪ Digital Branding : PT. Infomedia Nusantara
▪ Branding the Innovation : PT. Rekayasa Industri
▪ Trans Archipelago Branding : PT. Pertamina Trans Kontinental
▪ Creative Branding : PT. Pelabuhan Tanjung Priok
▪ Community Branding : PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang
B. Marketing Award
▪ Creative Competition Strategy : PT. PGAS Solution
▪ International Sales and Marketing : PT. Sinkona Indonesia Lestari
▪ Corporate Communication : PT. Petrokimia Gresik
▪ Digital Marketing : PT. BNI Life Insurance
▪ Marketing the Innovation : PT. Pupuk Kaltim
▪ Product Development : PT. Aero Wisata
▪ Marketing Initiative : PT. Indonesia Comnets Plus (ICON +)
▪ Community Development : PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah
▪ Marketing Development : PT. Pupuk Iskandar Muda
▪ Service Quality : PT. Gapura Angkasa
▪ Service Development : PT. Prima Layanan Nasional Enjiniring
▪ Innovative Marketing : PT. Gagas Energi Indonesia
▪ Creative Marketing Operation : KSO Terminal Petikemas Koja (KSO TPK Koja)
C. Global Branding and Marketing Award
▪ Global Branding and Marketing Strategy
PT. Pertamina Lubricants
▪ Global Branding and Marketing Communication
PT. Jakarta International Container Terminal (JICT)
▪ Digital Global Branding and Marketing
PT. BNI Sekuritas
▪ International Collaboration for Branding and Marketing
PT. Perkebunan Nusantara X
▪ International Appreciation
PT. Citilink Indonesia
▪ Export Marketing Development
PT. Perkebunan Nusantara XII
▪ Export Supporting Development
PT. IPC Terminal Petikemas
▪ Marketing Effort Development
PT. Sabre Network Indonesia
BUMN
A. Branding Award
▪ Brand Strategy : PT. Nindya Karya (Persero)
▪ Brand Identity : PT. Pertamina (Persero)
▪ Brand Communication : PT. ASKRINDO
▪ Digital Branding : PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero)
▪ Branding the Innovation : PT. Angkasa Pura I (Persero)
▪ Trans Archipelago Branding : PT. PELNI (Persero)
▪ Creative Branding : PT. Indra Karya (Persero)
▪ Community Branding : PT. Pupuk Indonesia (Persero)
B. Marketing Award
▪ Creative Competition Strategy : PT. Angkasa Pura I (Persero)
▪ International Sales and Marketing : PT. Pindad (Persero)
▪ Corporate Communication : PT. Jamkrindo
▪ Digital Marketing : PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero)
▪ Marketing the Innovation : PT. Pupuk Indonesia (Persero)
▪ Product Development : PT. Garam (Persero)
▪ Marketing Development : PT. Virama Karya (Persero)
▪ Community Development : Perum Perumnas
▪ Creative Marketing Development : PT. Bina Karya (Persero)
C. Global Branding and Marketing Award
▪ Global Branding and Marketing Strategy
PT. INKA (Persero)
▪ Global Branding and Marketing Communication
PT. Pindad (Persero)
▪ International Collaboration for Branding and Marketing
PT. PAL Indonesia (Persero)
▪ International Appreciation
PT. Sucofindo (Persero)
▪ Export Marketing Development
Perum Perikanan Indonesia
▪ Export Support Development
PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero)
▪ Support Investment Collaboration
PT. SIER
BUMN & ANAK PERUSAHAAN BUMN TBK
A. Branding Award
▪ Brand Strategy : PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
▪ Brand Identity : PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk
▪ Brand Communication : PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk
▪ Digital Branding : PT. Jasa Marga (Persero), Tbk
▪ Branding the Innovation : PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk
B. Marketing Award
▪ Creative Competition Strategy : PT. Bukit Asam, Tbk
▪ International Sales and Marketing : PT. Wijaya Karya Beton, Tbk
▪ Corporate Communication : PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
▪ Digital Marketing : PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk
▪ Marketing the Innovation : PT. PP (Persero), Tbk
C. Global Branding and Marketing Award
▪ Global Branding and Marketing Strategy
PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk
▪ Global Branding and Marketing Communication
PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk
▪ Digital Global Branding and Marketing
PT. GMF AeroAsia, Tbk
▪ International Collaboration for Branding and Marketing
PT. Kimia Farma, Tbk
▪ International Appreciation
PT. Jasa Marga (Persero), Tbk
▪ Export Development
PT. Phapros, Tbk
THE BEST CMO
ANAK PERUSAHAAN BUMN
The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award
▪ Creative Marketing Initiative
Benny Rustanto – Direktur Niaga PT. Citilink Indonesia
▪ Marketing Leadership
Riri Amalas Yulita – Direktur Sales & Operation PT. Infomedia Nusantara
▪ Marketing Teamwork
Arsono Kuswardanu – Direktur Marketing PT. Pertamina Trans Kontinental
▪ Personal Communication
Marcello Massie – Direktur Niaga PT Aerofood Indonesia
▪ Corporate Marketing Performance
Digna Jatiningsih – Direktur Pemasaran PT. Petrokimia Gresik
▪ Strategic Marketing
Yossianis Marciano – Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT. Pelabuhan Tanjung Priok
▪ International Marketing
Andria Nusa -Director of Sales and Marketing PT. Pertamina Lubricants
BUMN
The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award
▪ Creative Marketing Initiative
Budi Susanto – Direktur Komersial PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero)
▪ Marketing Leadership
Devy Suradji – Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT. Angkasa Pura I (Persero)
▪ Marketing Teamwork
Moeharmein Zein Chaniago – Direktur Pemasaran PT. Nindya Karya (Persero)
▪ Personal Communication
Rizka A Putranto – Direktur Strategi Bisnis PT. Pindad (Persero)
▪ Corporate Marketing Performance
Merlany Legitasari – Direktur PT. Virama Karya (Persero)
▪ Strategic Marketing
Agung Sedaju -Direktur Pengembangan PT. INKA (Persero)
BUMN & ANAK PERUSAHAAN BUMN TBK
The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award
▪ Creative Marketing Initiative
Faris Aziz – Direktur Komersial PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk
▪ Personal Communication
Yul Ari Pramuraharjo – Direktur HCM & Strategi Korporasi PT. PP (Persero), Tbk
▪ Corporate Marketing Performance
Kuntjara – Direktur Pemasaran & Pengembangan PT. Wijaya Karya Beton, Tbk
SPECIAL APPRECIATION
The Best CEO in Branding & Marketing Transformation
Irfan Setiaputra – Direktur Utama PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk
THE BEST OVERALL
▪ THE BEST BRANDING
PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk
▪ THE BEST MARKETING
PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
▪ THE BEST GLOBAL Branding & Marketing
PT. Pertamina (Persero)