Jadi Pionir, Pelindo 1 Gencar Kembangkan Layanan Digital Terminal Penumpang

E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengembangkan layanan digital di terminal penumpang dalam rangka mengoptimalkan kinerja bisnis perseroan sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang. Tuntutan digitalisasi semakin tinggi seiring datangnya era industri 4.0 dan adanya pandemi Covid-19 yang membuat orang menghindari kontak langsung guna memutus rantai penyebaran virus.

“Sejumlah layanan digital di Pelindo 1 didesain khusus bagi para pengguna jasa sehingga dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja. Kami akan mengoptimalkan layanan tersebut khususnya saat penerapan adaptasi kebiasaan baru agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar,” kata Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1, Prasetyo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (11/11).

Pelindo 1 tercatat merupakan pionir dan salah satu yang paling agresif dalam penerapan IoT (Internet of Things) serta digitalisasi pelayanan di terminal penumpang. Sejumlah inovasi digital telah dikembangkan Pelindo 1, antara lain E-Pass dan E-Berthing yang mulai diterapkan pada tahun 2018 dan layanan E-Ticketing yang diterapkan sejak 2019. Ketiga layanan tersebut telah diberlakukan di terminal penumpang Sri Bintan Pura, Tanjungpinang dan merupakan layanan transaksi non tunai pertama untuk layanan kepelabuhanan di Indonesia.

“Tahun ini, layanan E-Pass mulai dikembangkan di Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun dan Dumai. Penerapan E-Pass nantinya akan mempermudah penumpang karena Pelindo 1 telah bekolaborasi dengan beberapa bank penerbit kartu elektronik. Pelindo 1 bekerja sama dengan sejumlah bank penerbit kartu elektronik guna mendorong masyarakat dalam memanfaatkan transaksi non tunai di pelabuhan ini,” tambahnya.

Pelindo 1 bekerjasama dengan perbankan BUMN di antaranya: Bank Mandiri, BRI, dan BNI serta perbankan swasta seperti BCA untuk penerapan sistem transaksi non tunai. Sistem yang diterapkan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura ini disambut baik oleh Bank Indonesia karena turut mendukung pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

“Kami mengapresiasi kinerja Pelindo 1 yang medukung GNNT dengan menerapkan pembayaran non tunai untuk layanan E-Pass, E-Berthing, dan E-Ticketing di terminal penumpang yang dikelolanya. Sistem pembayarannya sudah terintegrasi dengan sistem yang dimiliki Bank Indonesia sehingga transaksi yang dilakukan penumpang dan pelayaran dijamin keamanannya. Layanan digital ini memberikan kemudahan bagi para penumpang dan pelayaran sekaligus mengurangi kontak langsung bertatap muka di masa pandemi Covid-19,” jelas Asisten Direktur Bank Indonesia Kepulauan Riau, Mualam Noor.

E-berthing merupakan sistem online yang disiapkan untuk memudahkan pengguna jasa dalam meminta pelayanan tambatan kapal menggunakan sistem online serta penagihan biaya tambatan kapal. Pengguna jasa cukup melakukan permintaan layanan tambatan melalui handphone.

E-Pass merupakan sistem pembayaran pas masuk penumpang di pelabuhan secara non tunai. Penumpang cukup menempelkan uang elektroniknya ke mesin yang tersedia, maka secara otomatis kertas pas masuk pelabuhan akan keluar dari mesin.

Adapun layanan E-Ticketing diluncurkan pada Juli 2019 dengan aplikasi Nyebrang Yuk!. Dengan layanan ini, pengguna transportasi laut kini bisa memesan tiket kapal penyebrangan antarpulau kapan dan di mana saja secara online. Dengan demikian, masyarakat lebih mudah mendapatkan tiket kapal laut.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.