Bank DKI Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, BUMN TRACK – Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan apresiasi. Kali ini, Bank DKI meraih penghargaan sebagai Indonesia Best CSR in Bank Sector 2024 dalam gelaran 6th Indonesia CSR Awards 2024 di Jakarta, Selasa (07/05).

Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, penghargaan ini menjadi apresiasi atas berbagai upaya Bank DKI dalam mewujudkan bisnis berkelanjutan salah satunya melalui program TJSL. Bank DKI terus mendorong penerapan TJSL yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis.

“Sebagai lembaga jasa keuangan, Bank DKI memiliki arah dan fokus dalam implementasi CSR/TJSL, diantaranya pendidikan, edukasi perbankan, sosial kemasyarakatan, lingkungan hidup, serta kesenian dan kebudayaan,” ungkapnya.

Terbaru, Bank DKI meresmikan kebun hidroponik di Rusunawa Pasar Rebo yang menjadi rumah susun ke-10 dalam program Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK). Selanjutnya Bank DKI juga menyerahkan bantuan pendidikan bagi penyandang cerebral palsy melalui Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Jakarta.

Di awal tahun 2024 Bank DKI turut berpartisipasi dalam program pemberian gizi cukup untuk penanganan stunting di wilayah DKI Jakarta sebagai upaya mendukung salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) poin 2 dan 3 yaitu menciptakan kondisi tanpa kelaparan, dan kehidupan yang sehat dan sejahtera.

Harapannya penghargaan ini dapat mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengedepankan TJSL tidak hanya sebagai kewajiban perusahaan, tetapi juga sebagai bagian dari strategi yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan citra positifnya kepada para stakeholder.

Adapun penilaian yang dilakukan untuk menentukan pemenang “Indonesia Best CSR 2024” dilakukan melalui survey online pada 10 kota besar di Indonesia secara random kepada lebih dari 10.000 responden, melalui 2 aspek yaitu CSR Activity Awareness untuk melihat sampai sejauh mana publik mengetahui kegiatan CSR yang pernah dilakukan oleh perusahaan, dan  CSR Image untuk mengetahui sampai sejauh mana publik merasa perusahaan telah bertanggung jawab secara sosial.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi mengatakan bahwa Bank DKI terus meningkatkan kontribusi positif Bank kepada masyarakat melalui program-program TJSL secara berkelanjutan.

“Melalui kerjasama dengan berbagai pihak dan inisiatif yang inovatif, Bank DKI berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang memberdayakan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” pungkas Arie.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.