Pasarsenen hingga Purwokerto, Ini 10 Stasiun Kedatangan Tertinggi Libur Idul Adha

E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tingginya mobilitas masyarakat selama masa libur panjang Idul Adha dan cuti bersama yang berlangsung pada 5–9 Juni 2025.

Hingga Sabtu (7/6) pukul 09.30 WIB, volume penjualan sementara telah mencapai 782.639 tiket, atau setara 92% dari 850.848 kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI dalam periode tersebut.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan bahwa tingginya okupansi mencerminkan kepercayaan pelanggan terhadap layanan kereta api sebagai moda transportasi massal yang aman, tepat waktu, dan terjangkau.

“KAI konsisten menyediakan solusi mobilitas yang tidak hanya andal, tetapi juga berkontribusi terhadap pemerataan akses pariwisata nasional,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (7/6/25).

10 Stasiun dengan volume kedatangan pelanggan tertinggi per 7 Juni 2025:

  1. Pasarsenen – 128.866 pelanggan
  2. Gambir – 70.778 pelanggan
  3. Surabaya Pasarturi – 45.103 pelanggan
  4. Ketapang – 40.845 pelanggan
  5. Semarang Tawang Bank Jateng – 38.539 pelanggan
  6. Solo Balapan – 37.124 pelanggan
  7. Surabaya Gubeng – 36.711 pelanggan
  8. Bandung – 31.798 pelanggan
  9. Malang – 30.762 pelanggan
  10. Purwokerto – 25.210 pelanggan

Stasiun-stasiun tersebut berperan sebagai simpul strategis yang menghubungkan pelanggan dengan berbagai destinasi unggulan nasional. Pasarsenen dan Gambir menjadi pintu masuk utama ke jantung Ibu Kota Jakarta yang menawarkan perpaduan antara kekayaan sejarah, warisan budaya, serta wajah modernisasi kota yang terus berkembang.

Ketapang menghubungkan pelanggan dengan Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran. Semarang, Solo, dan Malang menyajikan kekayaan arsitektur, kuliner, serta warisan budaya Jawa. Sementara Bandung, Purwokerto, dan Surabaya menjadi destinasi favorit keluarga yang menawarkan kombinasi wisata alam, belanja, dan rekreasi urban.

Data okupansi harian sementara per 7 Juni 2025 pukul 09.30 WIB:

• 5 Juni: 218.666 pelanggan dari 168.043 kapasitas (130%)

• 6 Juni: 153.006 pelanggan dari 169.633 kapasitas (90%)

• 7 Juni: 124.205 pelanggan dari 170.623 kapasitas (73%)

• 8 Juni: 146.616 pelanggan dari 171.284 kapasitas (86%)

• 9 Juni: 140.146 pelanggan dari 171.265 kapasitas (82%)

Secara total, Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) telah melayani 677.484 pelanggan dari kapasitas 709.927 kursi (okupansi 95%), sedangkan KA Lokal mencatat 105.155 pelanggan dari kapasitas 140.921 kursi (okupansi 75%).

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, KAI juga menghadirkan program diskon 30% untuk perjalanan KA Ekonomi non subsidi (NON PSO) yang berlaku hingga 31 Juli 2025.

Program ini mencakup lebih dari 100 perjalanan dan dapat diakses melalui seluruh kanal resmi KAI, seperti aplikasi Access by KAI dan situs booking.kai.id.

“KAI akan terus berkomitmen menyediakan layanan transportasi publik yang unggul dan mendorong konektivitas antarwilayah sebagai bagian dari kontribusi kami terhadap pembangunan nasional,” tutup Anne.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.