Libur Sekolah, 4,9 Juta Pelanggan Pilih Kereta Api Karena Terjangkau dan Nyaman

Ilustrasi Penumpang Kereta Api KAI (Foto: KAI)
E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat capaian positif selama masa libur sekolah. Sejak 20 Juni hingga 13 Juli 2025, sebanyak 4.922.733 pelanggan KA Jarak Jauh dan Lokal telah dilayani, melampaui kapasitas tempat duduk yang tersedia (3.896.691 seat) dengan okupansi mencapai 126,33%.

“Lonjakan ini mencerminkan kepercayaan publik yang semakin tinggi terhadap layanan kereta api, terutama sebagai moda transportasi utama keluarga selama libur sekolah,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Selasa (15/7/25).

Okupansi yang melebihi 100 persen disebabkan oleh adanya penumpang dinamis, yaitu penumpang yang naik dan turun di berbagai stasiun antara keberangkatan dan tujuan akhir, sehingga satu kursi dapat digunakan bergantian oleh lebih dari satu penumpang.

10 Kereta Api mencatat menjadi favorit pelanggan, di antaranya:

  1. KA 187 (KA Joglosemarkerto relasi Solo Balapan – Semarang Tawang Bank Jateng): 49.416
    Pelanggan
  2. KA 271 (KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi – Pasarsenen): 46.724 Pelanggan
  3. KA 272 (KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi): 46.400 Pelanggan
  4. KA 193 (KA Joglosemarkerto relasi Solo Balapan – Solo Balapan): 43.896 Pelangan
  5. KA 251 (KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen): 39.814 Pelanggan
  6. KA 269 (KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen): 39.426 Pelanggan
  7. KA 270 (KA Matarmaja relasi Pasarsenen – Malang): 38.346 Pelanggan
  8. KA 274 (KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar): 35.214 Pelanggan
  9. KA 278 (KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang): 34.847 Pelanggan
  10. KA 252 (KA Jayakarta relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng): 34.735 Pelanggan

Tingginya mobilitas selama libur sekolah tak lepas dari keberhasilan KAI dalam menghadirkan program tarif terjangkau. Sejak 5 Juni 2025, KAI menghadirkan diskon 30% untuk tiket KA Ekonomi Komersial, dan antusiasme masyarakat terus mengalir. Hingga Senin, 14 Juli pukul 16.00 WIB, tercatat 2.788.683 tiket diskon telah terjual dari total 3.529.612 kursi yang disediakan, atau tingkat penjualan sudah mencapai 79%.

Program ini masih akan berlangsung hingga 31 Juli 2025, memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat untuk tetap bisa bepergian dengan harga terjangkau baik untuk liburan, pulang kampung, keperluan kerja, maupun aktivitas sosial lainnya.

“Dengan harga tiket yang lebih terjangkau, masyarakat kini makin leluasa bepergian lintas kota. Baik untuk liburan, bekerja, atau keperluan keluarga, kereta api jadi pilihan yang nyaman dan aman. Program diskon ini juga memperkuat peran kereta api sebagai moda transportasi yang bisa dinikmati semua kalangan bukan hanya di kota besar, tapi juga menjangkau berbagai daerah yang jadi pusat aktivitas masyarakat,” tambah Anne.

Langkah ini juga sejalan dengan arah pembangunan nasional lewat Asta Cita Pemerintah, khususnya dalam upaya memperluas konektivitas antarwilayah dan mendorong pertumbuhan di luar pusat-pusat kota. KAI melihat kereta api bukan sekadar alat transportasi, tapi juga penggerak ekonomi yang berjalan beriringan dengan geliat UMKM, pariwisata, dan usaha-usaha lokal di sekitar stasiun.

“Selama libur sekolah, komitmen itu juga diwujudkan lewat kolaborasi bersama Rumah BUMN dalam program Creative Space KAI x Rumah BUMN di tiga stasiun: Purwokerto, Pekalongan, dan Solo Balapan. Sebanyak 63 UMKM binaan terlibat aktif memperkenalkan aneka produk khas mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan, sampai fesyen lokal,” tutup Anne.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.