Semester I/2025, Pelindo Regional 4 Catatkan Kenaikan Penumpang 17 Persen

Pelindo Regional 4 Catat Kinerja Positif Semester I 2025, Penumpang Naik 17%
E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sepanjang semester I-2025, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mencatatkan peningkatan pada sektor arus penumpang, arus peti kemas, dan trafik barang di semua pelabuhan kelolaan di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis menyampaikan bahwa berdasarkan data konsolidasi, arus kapal periode Januari hingga Juni 2025 tercatat mencapai 213,55 juta GT (Gross Tonnage), tumbuh 1% secara year on year (YoY).

“Peningkatan ini didorong oleh bertambahnya kunjungan kapal RoRo di Pelabuhan Donggala setelah dibukanya rute baru, serta meningkatnya kunjungan kapal batu bara di Balikpapan,” ujar Abdul Azis dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (13/8/25).

Untuk arus peti kemas lanjut dia, realisasi mencapai 1,20 juta TEUs, tumbuh 2% YoY berkat peningkatan aktivitas di Makassar, Bitung, Parepare, dan Kendari. Sementara itu, trafik barang mencatat realisasi 35,63 juta ton atau 7% di atas Rencana Kerja Anggaran (RKA). Lonjakan ini dipicu oleh meningkatnya volume bongkar muat batu bara di Pelabuhan Balikpapan, serta semen dan pupuk di Pelabuhan Gorontalo.

Menurutnya, sektor penumpang menjadi sorotan dengan capaian 4,16 juta orang, tumbuh 17% YoY dan 13% di atas RKA. Kenaikan ini didorong oleh peningkatan layanan di Pelabuhan Ternate melalui penerapan sistemisasi dan digitalisasi terminal penumpang yang memudahkan proses keberangkatan dan kedatangan.

“Capaian ini menunjukkan bahwa strategi operasional dan layanan yang kami terapkan berjalan pada jalur yang tepat. Untuk itu, kami tetap berkomitmen menjaga kinerja positif, serta meningkatkan kualitas layanan agar dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih besar di wilayah kerja kami (Pelindo Regional 4),” jelasnya.

Division Head Operasi Pelindo Regional 4, Yusida M. Palesang menambahkan bahwa pihaknya ke depan fokus mempertahankan tren positif ini dengan mengoptimalkan potensi angkutan barang dan penumpang, serta memperkuat sinergi dengan para pengguna jasa.

“Digitalisasi dan standardisasi layanan akan terus kami dorong untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan, serta mempertahankan dan meningkatkan kinerja layanan,” terangnya.

Dengan tren positif ini, Pelindo Regional 4 optimistis dapat menutup tahun 2025 dengan kinerja yang melebihi target, sekaligus memperkuat peran pelabuhan sebagai motor penggerak ekonomi di Kawasan Timur Indonesia.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.