PT Pelindo Regional  4  Raih Kinerja Positif Semester I 2025

E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – Semester I 2025 PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 meraih  kinerja positif yang  merupakan kontribusi dari sektor arus penumpang, arus peti kemas, dan trafik barang di semua pelabuhan kelolaan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Data konsolidasi menunjukan, arus kapal periode Januari hingga Juni 2025 tercatat mencapai 213,55 juta GT (Gross Tonnage), tumbuh 1% secara year on year (YoY).

“Peningkatan ini didorong oleh bertambahnya kunjungan kapal RoRo di Pelabuhan Donggala setelah dibukanya rute baru, serta meningkatnya kunjungan kapal batu bara di Balikpapan,” jelas  Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis, (12/8/2025).

Ia menambahkan,  realisasi arus peti kemas mencapai 1,20 juta TEUs. Ada kenaikan 2 persen (YoY). Kenaikan ini  berkat peningkatan aktivitas di Makassar, Bitung, Parepare, dan Kendari. Sementara itu, trafik barang mencatat realisasi 35,63 juta ton atau bertumbuh 7 persen di atas Rencana Kerja Anggaran (RKA). Lonjakan ini dipicu oleh meningkatnya volume bongkar muat batu bara di Pelabuhan Balikpapan, serta semen dan pupuk di Pelabuhan Gorontalo.

Menurut Abdul Azis, sektor penumpang menjadi berkontribusi besar dengan capaian 4,16 juta orang, bertumbuh 17 persen (YoY). Pencapain tersebut  juga merupakan 13 persen di atas rencana kerja anggaran (RKA).  Pertumbuhan tersebut didorong oleh adanya  peningkatan layanan di Pelabuhan Ternate melalui penerapan sistemisasi dan digitalisasi terminal penumpang yang memudahkan proses keberangkatan dan kedatangan.

“Capaian ini menunjukkan bahwa strategi operasional dan layanan yang kami terapkan berjalan pada jalur yang tepat.Kami tetap berkomitmen menjaga kinerja positif, serta meningkatkan kualitas layanan agar dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih besar di wilayah kerja kami (Pelindo Regional 4),” ujar Abdul Azis.

Sedangkan Division Head Operasi Pelindo Regional 4, Yusida M. Palesang menambahkan, fokus Pelindo ke depan adalah mempertahankan tren positif ini dengan mengoptimalkan potensi angkutan barang dan penumpang, serta memperkuat sinergi dengan para pengguna jasa.

“Digitalisasi dan standardisasi layanan akan terus kami dorong untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan, serta mempertahankan dan meningkatkan kinerja layanan,” jujar Yusida.

Berbasis kinerja positif  semester I 20025 tersebut Pelindo Regional 4 optimistis capaian kinerja akhir tahun 2025  bisa melebihi target. Peningktan kinerja  tersebut sekaligus memperkuat peran pelabuhan sebagai motor penggerak ekonomi di Kawasan Timur Indonesia.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.