Tegaskan Tata Kelola Unggul, PLN EPI Raih Tiga Penghargaan di TOP GRC Awards 2025

E-Magazine Agustus - September 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang TOP GRC Awards 2025, yang digelar Majalah Top Business bersama Asosiasi GRC Indonesia, IRMAPA, ICoPI, PaGI, serta akademisi FEB Universitas Padjadjaran di Hotel Raffles Jakarta.

Penghargaan pertama adalah TOP GRC Awards 2025 dengan predikat Bintang 5 (Five Stars), yang menegaskan konsistensi PLN EPI dalam membangun tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan secara menyeluruh.

Penghargaan kedua, The Most Committed GRC Leader 2025, dianugerahkan kepada Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PLN EPI, Efin Febriantoro R, sebagai bentuk pengakuan atas kepemimpinan yang berkomitmen kuat dalam menerapkan GRC.

Sedangkan penghargaan ketiga, The High Performing Board of Commissioners on GRC 2025, diberikan kepada Komisaris Utama PLN EPI, Nikson Silalahi, yang dinilai berhasil mendorong penguatan peran Dewan Komisaris dalam tata kelola Perusahaan.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PLN EPI, Efin Febriantoro R, menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi bukti nyata keberhasilan PLN EPI dalam menerapkan GRC secara konsisten, yang berkontribusi langsung terhadap peningkatan efisiensi, pengelolaan risiko yang efektif, dan penciptaan nilai tambah bagi Pemegang Saham maupun Pemangku Kepentingan.

“Pada tahun 2025 Kami akan fokus pada penguatan integrasi Governance, Risk, dan Compliance (GRC) di seluruh lini bisnis PLN EPI, langkah ini akan kami dukung melalui transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas pengawasan, dan pemantauan risiko secara real-time,” jelas Efin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (10/9/25).

Menurutnya, implementasi GRC ini diharapkan mampu meningkatkan ketahanan perusahaan terhadap risiko strategis, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, serta memperkuat komitmen terhadap prinsip-prinsip ESG.

“Kami percaya, dengan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada keberlanjutan, PLN EPI dapat membangun kepercayaan Pemangku Kepentingan dan mencapai kinerja yang berdaya saing global,” tambahnya.

Komisaris Utama PLN EPI, Nikson Silalahi menyampaikan bahwa prestasi ini bukan hanya bentuk apresiasi, tetapi juga inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja PLN EPI di masa mendatang.

Sejak 2021, PLN EPI secara konsisten menorehkan peningkatan prestasi di ajang ini. Dimulai dari predikat Bintang 4 pada 2021–2023, hingga Bintang 5 pada 2024, dan kini kembali mempertahankan Bintang 5 sekaligus meraih 3 (tiga) penghargaan sekaligus pada 2025.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.