BERITA

Antisipasi Cuaca Ekstrim, KAI Daop 1 Jakarta Siapkan AMUS di Sejumlah Titik Rawan

Jakarta, Bumntrack.co.id – Memasuki musim penghujan dengan intensitas yang tinggi dibeberapa wilayah, PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan berbagai upaya yang mengedepankan keselamatan untuk mewujudkan perjalanan kereta api (KA) yang lancar dan terkendali sehingga pelanggan dapat menikmati perjalanan KA dengan aman dan nyaman.

“Upaya yang dilakukan Daop 1 Jakarta antara lain dengan menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) dibeberapa titik yang dapat menjangkau lokasi apabila terjadi hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa di Jakarta, Selasa (9/11).

Adapun AMUS ini terdiri dari  batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya yang telah ditempatkan di 28 titik wilayah Daop 1 Jakarta. Pemantauan dan pengecekan yang lebih ekstra juga dilakukan oleh petugas pemeriksa jalur di sejumlah lokasi rawan banjir dan longsor untuk meminimalisir resiko dan mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu terdapat dampak dari cuaca ekstrim pada operasional KA. Selain itu antisipasi juga dilakukan melalui  pengecekan dan pembersihan maupun normalisasi saluran air di area jalur KA.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk peduli dan ikut berpartisipasi menjaga lingkungan disekitar jalur rel agar operasional perjalanan KA dapat berjalan dengan lancar,aman dan selamat. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membuang sampah, beraktifitas maupun membuat perlintasan liar disekitar jalur KA,” jelasnya.

Masyarakat juga dapat melaporkan kepada petugas KAI terdekat apabila melihat hal-hal yang bisa membahayakan keselamatan perjalanan KA. Informasi juga dapat disampaikan melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) mulai dari aplikasi KAI Access hingga Sosial media.

Artikel Terkait

Back to top button