BERITA

AP II: SHIELD Inspector Khusus Awasi, Analisis dan Evaluasi Prokes Covid-19

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Angkasa Pura II (APII) menggelar Ramp Safety Campaign (RSC) dan Terminal Safety Campaign (TSC) di 19 bandara pada 28 Januari – 4 Februari 2021 dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Kampanye keselamatan (safety campaign) untuk memperkuat protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tersebut mengusung sub tema “Safety From Hazard Intervention & Ensuring Less of Disease” atau disebut dengan SHIELD.

“Program SHIELD ini untuk memperkuat 3C [Coordination, Communication dan Collaboration] di antara stakeholder bandara agar protokol pencegahan COVID-19 dapat selalu berjalan baik, serta memastikan aspek keamanan, kesehatan dan keselamatan dapat selalu meningkat di bandara,” kata Direktur Utama PT AP II, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Jumat (29/1).

Biosafety Management System diterapkan penuh di bandara AP II untuk memutus mata rantai penularan bahaya biologi dengan sejumlah program: biohazard precautions, environment screening, infrastructure sterilization, public health assurance, dan menghadirkan laboratory testing facilities untuk COVID-19 di bandara. Program SHIELD meningkatkan kesiapan dan kesiagaan agar Biosafety Management System dapat selalu diterapkan baik. Di antaranya dengan menugaskan SDM yang memiliki kompetensi di bidang K3 menjadi SHIELD Inspector untuk menjadi motor penggerak penerapan Biosafety Management di bandara.

SHIELD Inspector melaporkan penerapan Biosafety Management System secara digital melalui fitur SIR (Safety Inspection Report) di aplikasi iPerform, sehingga dapat langsung ditindaklanjuti secara cepat apabila ada temuan di lapangan.

“Untuk pertama kali juga, aplikasi iPerform yang biasanya digunakan menunjang administrasi pekerjaan karyawaan, pada hari ini bisa dimanfaatkan sebagai media pelaporan penerapan protokol pencegahan COVID-19,” jelasnya.

SHIELD membuat bandara-bandara AP II dapat optimal dalam mewujudkan bandara berbasis protokol yang fokus pada kebersihan (cleanliness), kesehatan (health), aman (safety) dan higienis dan mendukung kelestarian lingkungan (environment sustainability). AP II memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di 19 bandara pada 2021 mencapai 45 juta penumpang, naik sekitar 27 persen dibandingkan dengan 2020 sebanyak 35,54 juta penumpang.

Artikel Terkait

Back to top button