SWA Media Group bersama Business Digest kembali menyelenggarakan program penghargaan tahunan bertajuk Indonesia Most Reputable Companies 2025, Indonesia Most Reputable Companies Champions 2025 dan Indonesia Orginal Brand Champions 2025. Ajang Indonesia Most Reputable Companies ini merupakan upaya untuk mendukung serta mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang mampu membangun reputasi perusahan yang positif dan terpercaya ditengah era perubahan cepat.
Sementara Indonesia Orginal Brand merupakan ajang untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang berhasil dalam mengelola merek asli Indonesia sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun global.
Kemal Effendi Gani, Chairman of SWA Media Group menyampaikan reputasi sebuah perusahaan adalah penilaian menyeluruh oleh para pelanggannya dan menjadi tolak ukur seberapa besar sebuah perusahaan atau brand dipercaya oleh masyarakat. Membangunnya reputasi harus dilakukan secara komprehensif, sistematik dan berkelanjutan.
“Reputasi adalah intangible asset yang sangat berharga dan menjadi cerminan dari kualitas tinggi produk, layanan dan berpengaruh besar terhadap keberlanjutan bisnis,” jelas Kemal.
Acara penghargaan ini kemudian diawali dengan konferensi bertema “Building a Trusted Corporate and Brand Reputation in the Fast-Changing Era” yang berlangsung di Shangri-La Hotel, Jakarta. Hadir sebagai pembicara Leilanie Nadia Kusuma, Corporate Communication Manager PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) yang membagikan pengalamannya membangun dan menjaga reputasi perusahaan di tengah era komunikasi cepat.
“Di era komunikasi cepat dan tanpa batas sekarang ini, perusahaan atau brand harus punya guidance principals dan empati dalam berkomunikasi dengan publik atau konsumennya, karena komunikasi publik yang nir-empati akan bisa mecoreng reputasi sebuah perusahaan karena daya sebar media sosial yang sangat cepat,” jelas Leilanie.
Sementara itu pembicara kedua, Romulus Sutanto, Direktur PT SRC Indonesia Sembilan membagikan best practice perusahaanya membangun SRC sebagai the next level toko kelontong yang di dorong dari empati dan kepercayaan.
“Membangun 250 ribu toko kelontong tradisional menjadi lebih modern dan naik level ini tidak mudah karena ini bukan hanya soal merenovasi fisik toko atau menginstal teknologi digital tetapi kuncinya adalah harus bisa mengubah mindset pemilik toko agar mau maju,” ungkap Romulus.
Romulus menjelaskan ada tiga cara yang dilakukan SRC untuk bisa mengubah mindset para pemilik toko kelontong untuk mau berubah. Pertama investasi pada SDM yang akan menjadi garda depan yang berhubungan langsung dengan para pemilik toko, mereka dibekali dengan keterampilan komunikasi yang berempati dan trusted. Kedua, transformasi digital, dan ketiga adalah membangun paguyuban atau komunitas sehingga praktik one-to-many bisa berjalan.
Berikut adalah para peraih penghargaan dalam ajang tersebut, untuk Indonesia Most Reputable Companies 2025 di antaranya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Panasonic Gobel Indonesia, PT Lion Super Indo, RS Awal Bros Group, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Prudential Life Assurance.
Selanjutnya pemenang Indonesia Most Reputable Companies Champions 2025 di antaranya PT HM Sampoerna, PT Daya Anugrah Mandiri (Daya Motor), Xendit, dan PT Pyridam Farma Tbk, sementara untuk Indonesia Orginal Brand Champions 2025 di antaranya BAZNAS RI, Xendit dan PT Ecocare Indo Pasific Tbk.