BERITA

Awali 2021, WIKA Raih Dua Kontrak Baru Strategis

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Wijaya karya (Persero) Tbk. [WIKA] pada pekan terakhir Januari 2021 menorehkan dua kontrak baru strategis, yaitu Pembangunan Rumah Dinas Prajurit TNI AD dan Jembatan Kretek 2, Yogyakarta. WIKA Group, WIKA-WG KSO dipercaya Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Darat (TNI-AD) untuk membangun Rumah Dinas Prajurit TNI-AD.

“Kerja sama serta dukungan semua pihak akan memotivasi WIKA untuk memberikan kemampuan terbaik, mencapai tujuan bersama,” tutur Direktur Operasi III WIKA, Sugeng Rochadi di Jakarta, Senin (1/2).

Pada proyek senilai Rp603,35 miliar ini, WIKA akan melaksanakan pembangunan 1.091 Rumah Dinas TNI-AD yang tersebar di seluruh Indonesia pada 14 Komando Utama (Kotama) di 35 titik lokasi, sesuai kesatuan Angkatan Darat.

Selain itu, Konsorsium WIKA – Hutama Karya juga mendapat kepercayaan dari Kementerian PUPR sebagai kontraktor pelaksana pembangunan Jembatan Kretek II, Bantul, D.I. Yogyakarta senilai Rp364,6Miliar dengan porsi WIKA sebesar 53%. Amanah tersebut tertuang dalam kontrak yang ditandatangani oleh Julian Situmorang dari Satker Pembangunan Jalan Nasional Kementerian PUPR dan Aries Sugiarto selaku General Manager Operasi 4 WIKA di Yogyakarta.

Jembatan Kretek 2 membentang sepanjang 747,7 meter dan menghubungkan ruas jalan baru yaitu Samas – Kretek dan Kretek – Parangritis yang menjadi bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Pembangunannya akan berlangsung selama 24 bulan dan ditargetkan rampung pada 2023.

Proyek ini memiliki keunikan tersendiri yang disertai dengan nilai-nilai kebudayaan Jogja. Jembatan Kretek 2 dibangun dan melintasi muara sungai Opak yang menghadap ke samudera hindia. Jembatan ini juga didesain dengan filosofi Among Tani Dagang Layar dengan stilisasi bentuk Laku Urip Kang Utama (LUKU) sebagai perlambang agrarisnya budaya dan masyarakat Yogyakarta.

Direktur Utama Perseroan, Agung Budi Waskito menyambut baik kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian PUPR. Proyek ini akan menjadi tanda keterlibatan WIKA dalam membangun salah satu landmark Yogyakarta yang menghubungkan Jalur Jalan Lintas Selatan sekaligus mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian di bagian Selatan pulau Jawa khususnya Bantul.

Terlebih lagi, Jembatan Kretek 2 akan menghubungkan akses dari dan menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang juga melewati underpass YIA yang dibangun oleh WIKA dan selesai pada awal tahun 2020 lalu. Kementerian PUPR pun mendorong agar pembangunan Jembatan Kretek 2 bisa segera terlaksana.

“WIKA akan bergerak cepat untuk menjawab tantangan Kementerian PUPR dalam hal akselerasi pengerjaan proyek Jembatan Kretek 2. Harapannya, proyek ini bisa selesai dengan segera dan sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat Yogyakarta,” pungkas Agung Budi Waskito.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button