BERITA

Bangkitkan UMKM, BGR Logistics Luncurkan Aplikasi “Mitra Warung Pangan” dan “Warung Pangan”

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Mililk Negara (BUMN) penyedia jasa logistik di Indonesia meluncurkan dua aplikasi Pangan sekaligus. Aplikasi ini dibuat untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UKM dengan tujuan untuk pemulihan perekonomian UMKM di Indonesia yang terdampak negatif pandemik covid19.

Acara dilangsungkan di Komplek Pergudangan BGR Logistics Divre DKI Jakarta, dihadiri oleh Victoria Br Simanungkalit, Deputi Bidang Produksi & Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM, Imam Paryanto, Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Jajaran Direksi BGR Logistics, serta jajaran Direktur Utama BUMN Klaster Pangan, dengan tetap memperhatikan dan menerapkan standar protocol covid-19.

“Keberadaan aplikasi ini dapat membantu pemerintah membangun digitalisasi UMKM, sebagai solusi kemudahan berbelanja masyarakat di tengah pandemi ini. Sehingga lebih banyak pelaku UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Br Simanungkalit di Jakarta, Rabu (12/8).

Selain itu Kedepannya, kemenkop UKM berharap dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah dan BUMN, diharapkan perusahaan BUMN dapat melibatkan pelaku usaha produsen, seperti petani, koperasi, maupun gapoktan dalam rantai pasok, sekaligus berperan sebagai offtaker. Dengan demikian penguatan dari sisi hulu ke hilir dapat dilakukan secara komprehensif. Selain itu, melalui mekanisme seperti ini, kami berharap akan terbangun multiplier effect yang berdampak luas di masyarakat, yang dapat memberikan daya ungkit bagi perekonomian nasional.

“Kemenkop siap memproduksi produk sesuai spesifikasi yang diminta BUMN. Tentu, BUMN juga ingin untung. Namun kami berharap BUMN melakukan pendampingan terlebih dahulu. Ada waktu transisi agar harga bisa bersaing dalam skala ekonomi. Ke depan, UMKM dapat memproduksi dengan harga yang mampu bersaing di pasar,” jelasnya.

Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Imam Paryanto mengatakan peluncuran aplikasi ini menjadi bukti bahwa BUMN hadir untuk masyarakat kecil. “Ini merupakan fungsi BUMN sebagai Value Creation dalam mendukung program yang bersifat penugasan atau sosial. Salah satu strategi yang dilakukan BUMN adalah menguatkan klaster pangan untuk memperkuat ekosistem pangan. Tidak hanya BUMN, tapi UMKM hingga koperasi,” jelasnya.

BUMN Klaster Pangan berkontribusi dalam mendukung kebijakan Pemerintah untuk penguatan ekosistem usaha, khususnya dengan petani/nelayan/petambak/peternak serta koperasi dan UKM. “BUMN KLaster Pangan, khususnya oleh BGR Logistics, melalui aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan dapat memperkuat added-value, demand-supply chain dari end-to-end (dari petani/nelayan/peternak) kepada masyarakat melalui Warung Pangan (koperasi & UKM). Aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan merupakan bentuk dari sistem rantai nilai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang mempermudah akses dan transaksi secara online dan akuntabel,” jelasnya.

Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI), Eko Taufik Wibowo, selaku Ketua BUMN Klaster Pangan mengungkapkan RNI, PT Berdikari (Persero), PT Garam (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), Perusahaan Umum Perikanan Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Sang Hyang Seri (Persero), BGR Logistic dan PT Pertani (Persero) yang tergabung dalam BUMN Klaster Pangan, siap bersinergi untuk mendukung pelaksanaan program #belanjadiwarungtetangga. BUMN Klaster Pangan juga siap mendukung aplikasi Warung Pangan dan Mitra Warung Pangan yang dikembangkan oleh BGR Logistic dengan menjamin ketersediaan serta stabilitas harga bahan pangan melalui optimalisasi stok produk masing-masing BUMN.

“Diharapkan penerapan aplikasi Warung Pangan dan Mitra Warung dalam program #belanjadiwarungtetangga yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM dapat berjalan dengan baik sehingga para UMKM/Pemilik Warung serta masyarakat dapat terus merasakan manfaatnya melalui ketersediaan bahan pangan yang berkualitas dengan harga stabil,” jelasnya.

Aplikasi “Mitra Warung Pangan” dan Aplikasi “Warung Pangan” yang digagas sejak April 2020 untuk mempermudah UMKM atau pemilik warung dalam mendapatkan stok bahan pangan dengan harga yang stabil. Ketersediaan stok pangan untuk Mitra/Pemilik Warung dapat terus terjaga dan harganya stabil sehingga mereka dapat menjual bahan pangan dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar.

“Dengan aplikasi ini, juga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga yang murah melalui handphone saja, Hal ini sejalan dengan program dari Kementerian Koperasi & UKM yang mencanangkan program #belanjadiwarung tetangga, Ujar M. Kuncoro Wibowo, Direktur Utama BGR Logistics dalam memberikan sambutannya.

Sebagai upaya untuk mendorong UMKM go digital, BNI, BRI dan Mandiri yang tergabung dalam Himbara serta BCA juga memberikan support penuh terhadap kami. Selain itu demi mencanangkan transaksi cashless, project ini juga didukung oleh LinkAja dan DANA sebagai pilihan pembayaran lewat e-wallet. Jamkrindo akan menjadi penjamin pengelolaan dana bergulir yang disalurkan LPDB-KUMKM kepada koperasi partner warung pangan, lanjut Kuncoro.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button