BERITA

Bangun BUMN Center, PT PP dan Tiga BUMN Siapkan Dana Rp2 Triliun

Jakarta, Bumntrack.co.id – Berawal dari sebuah visi untuk meningkatkan efisiensi dan sinergi antar perusahaan BUMN, maka Kementerian BUMN mendesain sebuah kawasan perkantoran yang terintegrasi, agile dan modern yang bernama BUMN Center. Proyek senilai Rp2 triliun tersebut akan digarap PT PP (Persero) Tbk (“Perseroan”) bersama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (“Telkom”), PT Danareksa (Persero) (“Danareksa”) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (“Garuda Indonesia”).

“Perseroan bersama Danareksa dan Garuda Indonesia mengusung skema bisnis Kerja Sama Usaha (“KSU”) dengan share Perseroan dan Danareksa sebesar 95 persen dan 5 persen serta Perseroan dan Garuda Indonesia sebesar 95 persen dan 5 persen. Total dari pembangunan tiga gedung yaitu sekitar Rp2 triliun,” kata Direktur Utama PT PP, Lukman Hidayat di Jakarta, Kamis (3/10).

Luas lahan yang akan dibangun dan dikembangkan untuk BUMN Center total sekitar 24.694 m2 terdiri dari 9.300 m2 dimiliki oleh Danareksa, 11.439 m2 dimiliki oleh Telkom dan 3.955 m2 dimiliki oleh Garuda Indonesia.

“BUMN. Center terletak di lokasi yang strategis yaitu berada di kawasan Pemerintahan Pusat di tengah kota Jakarta serta akan didukung dengan berbagai fasilitas yang memadai, antara lain: modern agile africa, communal outdoor space, indoor communal space, green open space, healthcare facilities, leisure area, main lobby, food court, meeting room, ballroom, dsb. BUMN Center dibangun dengan konsep Green Building yang ditargetkan akan mendapat predikat “Gold” setelah disertilikasi’ oleh lembaga Green Building Council lndonesia nantinya,” tambahnya.

Menurutnya, BUMN Center mengusung konsep desain Burung Garuda dimana kepak kedua sayapnya merupakan gedung kembar yang menyerupai sayap burung Garuda yang berada di sebelah kanan dan kiri Gedung Kementerian BUMN, sedangkan kepala dari burung Garuda diwakili oleh Gedung Kementerian BUMN.

Pembangunan BUMN Center dilakukan dengan pendayagunaan aset antara Kementerian BUMN, Telkom, Danareksa dan Garuda lndonesia. Untuk menghadapi persaingan global, Kementerian BUMN bersama perusahaan-perusahaan BUMN membutuhkan suatu sarana untuk berkomunikasi dengan cepat yang diwujudkan dalam bentuk fisik berupa working space yang nyaman. Penyelarasan Gedung Kementerian BUMN dan gedung milik BUMN di sekitarnya diharapkan dapat menjadi simbol kerikatan dan keterpaduan seluruh komponen BUMN sebagai sebuah keluarga besar.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close