BERITA

Banjir Manado, PLN Terjunkan 138 Personil Nyalakan 795 Gardu Distribusi

Jakarta, Bumntrack.co.id – Setelah empat hari pasca banjir yang melanda Manado akhirnya PLN berhasil menyalakan 100 persen gardu yang sempat mati. Gardu tersebut sebelumnya dipadamkan demi keamanan dan keselamatan warga.

“Keamanan & Keselamatan menjadi prioritas utama kami, petugas kami terus bersiaga untuk memonitor banjir, setelah surut dan dipastikan aman, baru kami nyalakan. Dan sekarang pelanggan di Manado kembali menikmati listrik PLN,” ucap General Manager Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Leo Basuki di Jakarta, Rabu (20/1).

Menurutnya, PLN melakukan inspeksi jaringan serta pemeriksaan, pembersihan, dan pengeringan gardu distribusi sebelum menyalakan aliran listrik. Selain itu, PLN juga memastikan wilayah yang dipasok oleh gardu distribusi sudah tidak mengalami banjir.

Dalam penyalaan kembali aliran listrik ke pelanggan PLN juga telah mendapatkan persetujuan dari kepala lingkungan dan tokoh masyarakat setempat setelah dinyatakan instalasi listrik di rumah warga aman. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan. Selama pemulihkan kelistrikan, PLN menerjunkan 138 personil untuk memulihkan 795 gardu distribusi yang terdampak banjir dan longsor.

“Selama tiga hari proses perbaikan, PLN melakukan segala upaya untuk memulihkan sistem kelistrikan, seperti penggantian tiang dan trafo serta penarikan jaringan dengan cepat. Kini pelayanan untuk pelanggan di Manado sudah dapat kembali normal,” tambah Leo.

Dirinya menambahkan, saat ini PLN masih melakukan pemantauan terhadap dua pelanggan besar di kawasan Megamas Manado untuk proses pembersihan kabel tanah yang tersapu gelombang air laut

Leo juga mengimbau agar warga tetap berhati-hati dan memastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat atau korsleting.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button