CSR
Trending

BAV Dipercaya Kelola Dana Kemitraan AP2 Senilai Rp25,9 Miliar


PT Bahana Artha Ventura atau BAV kembali mendapat kepercayaan dari PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP2 untuk mengelola dana program Kemitraan pada tahun ini. Setelah sebelumnya tersalur dalam dua tahap, penyaluran tahap ketiga sebesar Rp8,9 miliar dari total Rp25,9 miliar di tahun 2019.

Perjanjian kerjasama antara keduanya berlangsung di Hotel Inna Grand Bali Beach, Jumat (13/12), dihadiri oleh Direktur Keuangan AP2 Bayu Rafisukmawan dan Dirut BAV M.Sidik Heruwibowo , beserta direksi empat PMVD, di antaranya Sarana Bali Ventura dan Sarana Jatim Ventura.

Direktur Keuangan AP2, Bayu Rafisukmawan mengatakan, sebagai perusahaan pengelola bandara, pihaknya menyadari kapasitas yang dimiliki sehingga pengelolaan dana Program Kemitraan diserahkan sepenuhnya kepada BAV sebagai perusahaan ventura. “Usaha kami di bidang airport, sehingga tidak punya kapasitas untuk meng-assest UMKM untuk keperluan kreditnya. Itulah mengapa kami putuskan untuk menyerahkan pada ahlinya. Bersama BAV, terbuktu dana yang tersalur tepat sasara dengan NPL 0 persen,” ungkapnya.

Sejak tahun 2009 hingga saat ini, AP2 telah menyalurkan dana Program Kemitraan kepada BAV mencapai Rp216 miliar. Dana tersebut disebar ke berbagai PMVD di daerah dengan beragam jenis usaha UMKM. “Kerjasama dengan BAV yang memiliki anak-anak perusahaan di daerah melalui PMVD nya menjadi model yang baik dengan tingkat kolektibilitas yang baik,” imbuh Bayu.

Direktur Utama BAV M.Sidik Heruwibowo mengatakan, tak sekadar membantu dari sisi permodalan, BAV akan mendampingi hingga proses pemasaran. Tak menutup kemungkinan bagi mereka untuk membuka peluang kerjasama demi menghasilkan UMKM yang naik kelas.
“Kami juga sudah membuat semacam BAV mall, atau bisa juga melalui chanel e-commerce lainnya. Produk-produk UMKM juga kami kenalkan dan pasarkan lewat sosial media, demi men-drive pemasaran lebih besar lagi,” ungkap Sidik.

Hal ini sejalan dengan rencana AP2 ke depan untuk membuka kerjasama dengan Pemda dalam mengembangkan produk UMKM, misalnya dengan menyiapkan peoduk-produk UKM unggulan yang nantinya bisa dipajang di store-store milik bandara kelolaan AP2.

Sementata itu, I made Gunawirawan, Dirut Sarana Bali Ventura sebagai salah satu PMVD yang dipercaya mengelola dana tersebut menyampaikan, PMVD yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia mampu menjaga daya saing pada UMKM sekaligus menjaga reputasi BAV. “Inilah keberpihakan modal ventura kepada UMKM dengan memberikan bantuan modal dengan bunga yang sangat rendah. Kami berkomitmen untuk menjaga dan mengelola dana ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sebelumnya di tempat yang sama, BAV juga melakukan kerjasama penyaluran dana Program Kemitraan milik PT JIEP senilai Rp4 miliar dengan target penyaluran untuk 20 UMKM.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close