BERITA

Benchmarking ATT Group ke PT PMLI, Bentuk Penjajakan Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan Bidang Logistik

Jakarta, Bumntrack.co.id – Pemerintah terus berupaya mewujudkan pemerataan harga komoditas baik pokok maupun komoditas sekunder antara wilayah barat dan wilayah timur Indonesia. Salah satu yang menjadi faktor kunci dalam pemerataan harga komoditas tersebut adalah berfokus pada kelancaran arus logistik di Indonesia.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sebagai salah satu simpul mata rantai logistik di Indonesia terus berupaya memaksimalkan pelayanan demi mempersingkat kegiatan bongkar muat kapal di pelabuhan. Upaya yang dilakukan diantaranya melalui standarisasi bidang operasional dan pelayanan di seluruh pelabuhan kelolaannya. Hal tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan, mengingat landasan utama yang menjadi kunci penyeragaman pelayanan adalah dengan keandalan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam memberikan pelayanan prima di pelabuhan.

PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT PMLI) sebagai entitas di bawah Pelindo yang bergerak dalam bidang pengembangan kapasitas SDM kepelabuhanan, maritim dan logistik dipercaya untuk mengemban amanah tersebut. Dengan didukung fasilitas kelas dunia yang lengkap dan komprehensif, PT PMLI berkomitmen untuk turut serta mendukung upaya Pelindo dalam upaya mewujudkan standarisasi bidang pelayanan dan operasional pelabuhan. Selain itu juga PT PMLI terus berupaya dalam memperkuat fundamental program pelatihan kepelabuhanan, maritim dan logistik serta penataan subject matter expert (SME).

Berbekal visi untuk menjadi mitra strategis dalam pengembangan SDM khususnya dalam bidang kepelabuhanan dan logistik di Indonesia dan Asia Pasifik, serta didukung dengan fasilitas berkelas dunia telah menjadikan PT PMLI sebagai salah satu referensi studi banding berbagai korporasi dan instansi. Seperti pada hari ini, PT PMLI menerima kunjungan studi banding atau benchmarking dari PT Anugerah Tangkas Transportindo Grup (ATT Group). Sebanyak 30 orang peserta kunjungan yang terdiri dari level manajerial secara langsung diterima oleh Direktur PT PMLI Nurjadin Surur di ruang 315 Gedung Learning & Innovation Center.

“Kami mewakili manajemen PT PMLI dalam hal ini mengucapkan selamat datang kepada ATT Group di fasilitas pendidikan dan pelatihan kepelabuhanan, kemaritiman dan logistik terbaik di Indonesia. Kami menyambut baik kunjungan ini dan tentunya mengajak kepada Bapak-Ibu semua untuk turut memaksimalkan fasilitas yang ada, karena sejatinya fasilitas yang ada di PT PMLI adalah milik kita bersama,” kata Direktur PT PMLI, Nurjadin Surur di Jakarta, Selasa (21/6/22).

Dalam kunjungan ini semua yang hadir bisa saling berbagi dan belajar demi memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara. Senada dengan apa yang disampaikan Direktur PT PMLI, Human Capital & General Affair Division Head ATT Group Iip Nashrullah menyampaikan bahwa ke depan apa yang bisa dikerjasamakan harusnya bisa ditindaklanjuti segera untuk kepentingan bangsa dan negara. “Tentunya saya setuju, di sini kita saling belajar dan tentu harapannya apabila ada hal-hal strategis yang sekiranya bisa dikerjasamakan bisa kita diskusikan. Bagaimanapun dalam hal ini kita semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Direktur PT PMLI, Human Capital & General Affair Division Head ATT Group Iip Nashrullah.

Selain dihadiri jajaran manajemen PT PMLI, juga turut hadir Departemen Head Perencanaan & Penyelenggaraan Pembelajaran Pelindo Ilham Leman dan Manager Strategi & Evaluasi Pembelajaran Pelindo David Rumeser. Dalam kesempatan ini keduanya menjelaskan terkait proses pembentukan Pelindo Corporate University dan Program Pelindo Learning Wallet 4.0 yang merupakan produk pembelajaran digital hasil kerja sama dengan PT PMLI.

Lebih lanjut kunjungan ini diisi dengan sesi diskusi dan Tanya jawab terkait program pembelajaran dan pelatihan yang diberlakukan di Pelindo. Usai sesi diskusi para peserta kunjungan melakukan sesi foto bersama di area PT PMLI.

Artikel Terkait

Back to top button