BERITA

Bentuk Herd Immunity, Indonesia Power Gelar Vaksinasi Massal

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sebagai wujud komitmen kepada lingkungan anak usaha PT PLN (Persero) yang saat ini telah merambah bisnisnya ke mancanegara, Indonesia Power kembali mengadakan vaksinasi Covid-19. Setelah sebelumnya menyasar keluarga pegawai Suralaya Power Generation Unit (PGU) kini Indonesia Power kembali laksanakan vaksinasi massal untuk warga sekitar Suralaya PGU. Vaksinasi yang dilaksanakan di salah satu icon suralaya yaitu Eco Park ini dilaksanakan berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Cilegon dan Kodim 0623 Cilegon.

”Harapan kami, vaksinasi yang di lakukan oleh Indonesia Power dapat dilakukan oleh industry lain. Untuk memerangi Covid-19, perlu kerjasama dari semua lapisan yang ada di kota cilegon. Selain itu, semua lapisan masyarakat harus tetap menjaga protokol 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Di rumah saja, bagi yang tidak berkepentingan untuk keluar rumah,” kata Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang hadir meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Cilegon, Kamis (29/7).

Untuk diketahui, Eco Park Suralaya memiliki lokasinya yang strategis sekaligus taman kota. Selain itu, Eco Park Suralaya juga berfungsi sebagai tempat rekreasi warga, dinilai tepat sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi. Sajian pemandangan alam dan hamparan tanaman yang hijau lah yang menjadi alasannya. Sebagian orang Indonesia setuju bahwa pemandangan alam dapat mengurangi stres atau rasa jenuh terhadap sesuatu hal, dengan alasan tersebut diharapkan dapat mengurangi ketegangan sebagian peserta vaksin yang mungkin mempunyai phobia tertentu.

Hal yang mendorong dan melatar belakangi pelaksanaan kegiatan ini adalah data pencapaian vaksinasi covid 19 di wilayah Banten saat ini menunjukkan dibawah rata-rata dari total pencapaian vaksinasi di Indonesia.

Dikutip dari portal vaksin.kemkes.go.id pada tanggal 25 Juli 2021 khusus untuk Kota Cilegon pelaksanaan vaksin sampai dengan dosis kedua menunjukkan masih pada angka 0,27 persen dari target provinsi. Hal tersebut sontak menggerakkan Indonesia Power melalui unitnya yaitu Suralaya PGU untuk melaksanakan vaksinasi dimulai dengan menyasar warga sekitar pembangkit. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendukung program percepatan vaksinasi covid 19 yang digaungkan Pemerintah Indonesia untuk mencapai target herd immunity.

Sebelumnya, Direktur Utama Indonesia Power, M. Ahsin Sidqi menyampaikan bahwa pegawai merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan tugas memproduksi listrik dan menjaga keandalam pembangkit, maka keluarga pegawai dan lingkungan sekitar menjadi salah satu unsur pendukung yang perlu dijaga dan diamankan. “Pegawai merupakan bagian terpenting dalam penyediaan energi listrik, setelah melaksanakan tugasnya pegawai akan kembali ke keluarga, maka hari ini kita akan pastikan keluarga pegawai juga harus divaksin untuk menjaga semuanya,” ujar Ahsin.

Artikel Terkait

Back to top button