CSR

Budidaya Lebah Trigona Semakin Eksis di Tengah Pandemi

Jakarta, Bumntrack.co.id – Lebah Trigona memiliki madu lebih tinggi dibandingkan madu biasa karena dapat dijadikan suplemen kesehatan apalagi permintaan madu lebah Trigona meningkat cukup signifikan. Melihat potensi pengembangan yang sangat bagus, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) mendukung program pemberdayaan masyarakat, untuk usaha budidaya lebah Trigona yang dikelola Kelompok “Aok Bee Farm”.

Dukungan diwujudkan dengan bantuan dana sebesar Rp 100 juta, yang diserahkan secara simbolis oleh perwakilan Fuel Terminal Pertamina Pangkal Balam, Dedi Supriadi kepada Ketua Kelompok “Aok Bee Farm”, Akbar Dwi Saputra di lokasi budidaya Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Akbar, selama ini kelompoknya melalukan budidaya lebah dengan koloni terbatas dan memanfaatkan halaman rumah masing-masing sebagai tempat budidaya dan memanfaatkan bunga di halaman rumah sebagai sumber pakan lebah. Sehingga hasilnya belum maksimal untuk memenuhi permintaan pasar.

“Kami berterima kasih kepada Pertamina, dimana bantuan ini akan kami gunakan untuk pengembangan budidaya lebah Trigona, seperti menambah jumlah koloni lebah, bunga pakan lebah, serta penambahan alat – alat pendukung lainnya,” kata Ketua Kelompok “Aok Bee Farm”, Akbar Dwi Saputra dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (16/8).

Kelompok budidaya juga akan memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki oleh salah satu anggota, untuk memperluas pengembangan lebah madu Trigona.

Region Manager Commmunication Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami menyampaikan Pertamina sangat mendukung kegiatan masyarakat yang dapat meningkatkan kemandirian dan ekonomi, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami melihat usaha ini tidak memerlukan banyak waktu, biaya, dan tenaga, karena setelah ditangkarkan, pembudidaya hanya tinggal menunggu saat panen madu di setiap 3 bulannya. Dengan permintaan pasar yang sangat baik, kami berharap bantuan ini dapat digunakan untuk pengembangan usaha sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui, lebah Trigona adalah jenis lebah madu yang tidak bersengat, dimana hasil madunya memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibandingkan madu biasa. Madu yang dihasilkan lebah Trigona sangat banyak peminat, karena dapat dijadikan suplemen kesehatan. Apalagi di masa pandemi Covid-19, permintaan madu lebah Trigona meningkat cukup signifikan.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button