CSR
Trending

Bukti Komitmen CSR Berkelanjutan, PLN Raih Indonesian CSR Brand Equity Award 2020


Atas komitmennya dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan, PLN berhasil meraih penghargaan Indonesian CSR Brand Equity Award 2020 yang diselenggarkan oleh lembaga survey Iconomic di Ayana Midtown Jakarta. Penilaian yang dimulai sejak Desember hingga awal Januari 2020 itu melibatkan lebih dari 10.000 responden secara online di 10 kota besar di Indonesia, dengan mekanisme mulai dari survei, penjurian dan penilaian.

Penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada BUMN namun juga perusahaan swasta di Indonesia yang telah berkonstribusi dan berkomitmen dalam menjalankan CSR.

Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah mengatakan, program CSR yang dilaksanakan PLN selama ini menyebar dari sekitar pembangkit listrik PLN hingga ke pelosok desa. “Hal ini tidak lepas dari peran CSR memberdayakan masyarakat desa, seperti di kawasan wisata desa Sendi Mojokerto, kawasan Silalahi Danau Toba, desa Muara Takus Riau, desa Pelawan Bangka Belitung, desa Lolong Pekalongan Jawa Tengah, Balkondes Ngadiharjo Magelang yang tentunya secara bertahap dan konsisten terus dijalankan,” jelas Dwi Suryo melalui keterangan resmi perusahaan, Sabtu (29/2).

Tidak hanya itu, CSR PLN juga menyasar bidang lingkungan dan pelestarian alam seperti bank sampah di Malang, Surabaya, Jogjakarta, Bandung dan Jakarta. Kegiatan ini memberikan dampak positif bersama masyarakat untuk ikut serta mengurangi, memanfaatkan, dan mendaur ulang sampah plastik yang ada di kota tersebut. Berkaitan dengan kepedulian lingkungan, PLN melalui anak perusahaannya juga berkomitmen dalam pengolahan sampah melalui program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang hasil akhirnya dibuat Pelet sampah dan selanjutnya untuk co-firing PLTU batubara.

Selanjutnya, tidak sedikit pula program CSR PLN yang dikolaborasikan dengan kunjungan belajar murid sekolah dan penelitian bagi mahasiswa melalui program Sekolah Sungai. Program yang mengajarkan tentang menjaga lingkungan dan penghijauan di sekitar aliran sungai ini di antaranya telah berlangsung di Sungai Ciliwung Jakarta, Sekolah Sungai di daerah Jagakarsa, Sekolah sungai Mudal di Yogyakarta dan Gunung Anyar Surabaya.

Terkait penghargaan tersebut, Founder & CEO Iconomics Bram S Putro menjelaskan keutamaan ajang Indonesian CSR Brand Equity Award 2020 bukan hanya dilihat dari seberapa besar pendanaan dan ruang lingkup wilayah, jumlah penerima, atau kajian efektivitas fisik, tetapi juga dari sisi persepsi masyarakat umum. “Kegiatan ini diharapkan akan mampu meningkatkan brand perusahaan sekaligus memperkuat positioning-nya di masyarakat, sehingga perusahaan akan terpicu untuk melibatkan masyarakat dalam proses produksi maupun operasional,” pungkas Bram.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close