BERITA

BUMN ID FOOD Naik 2 Peringkat Berpredikat Informatif Anugerah KIP 2022

Bumntrack.do.id. Jakarta – BUMN Holding pangan, ID FOOD meraih peringkat Informatif pada penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 oleh Komisi Informasi Pusat RI. Predikat tersebut naik dua peringkat dengan tahun sebelumnya.

“Ini merupakan komitmen kami dalam mengimplementasikan transparansi informasi kepada publik di sektor pangan dan bagian dari Good Corporate Governance (GCG) Perseroan,” kata Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD, Frans Marganda Tambunan di Jakarta, Rabu (14/12/22).

Menurutnya, selain wujud kepatuhan pada undang-undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, hal ini sejalan juga yang diamanahkan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendorong transparansi BUMN agar bisa mencapai tata kelola perusahaan yang baik. Menteri Erick pun kerap kali menegaskan soal pentingnya keterbukaan data dan informasi bagi seluruh perusahaan BUMN. Menurutnya, hal tersebut harus jadi budaya yang dibiasakan di setiap perusahaan pelat merah.

Frans melanjutkan di tahun 2022 ini, ID FOOD naik 2 peringkat dengan predikat informatif dan nilai 93,50. Sebelumnya, pada tahun 2021 PT RNI (Persero)/ ID FOOD mendapatkan peringkat cukup Informatif dengan nilai 73,93, naik 2 peringkat dari monitoring evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020.

“Amanah informatif tahun ini dipersembahkan untuk seluruh stakeholder mulai dari petani, peternak, nelayan, Akademisi, pelaku usaha pangan dan pemangku kepentingan lainnya yang telah bersama-sama dengan ID FOOD berkontribusi untuk layanan informasi publik di sektor pangan,” terannya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat RI Donny Yoesgiantoro mengatakan penganugerahan keterbukaan informasi publik ini adalah akhir dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang dilakukan KIP. Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu bentuk atau cara KIP untuk terus memajukan keterbukaan informasi publik seluruh pemerintahan badan publik.

“Kami meyakini keterbukaan informasi publik ini merupakan hal esensial, fundamental dan merupakan prinsip good governance. Dan kami melakukan ini kami ingin partisipasi publik ini tumbuh, karena ini sejatinya dalam negara demokrasi akan mendukung ketahanan nasional. Kegiatan ini tidak semata-mata sebagai seremonial penganugerahan melainkan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Penganugerahan ini juga menggambarkan kondisi keterbukaan informasi publik pada badan publik, sehingga kita bersama-sama meningkatkan komitmen untuk melaksanakan prinsip-prinsip keterbukaan informasi dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan,” terang Donny Yoesgiantoro, Ketua KIP dalam sambutannya.

Sebanyak 372 Badan Publik mengikuti rangkaian Monev KIP 2022 yang terdiri atas tahapan pengisian Self-Assessment Questionnaire (SAQ), serta Uji Presentasi di hadapan para komisioner Komisi Informasi Pusat dan praktisi pengelola informasi. Pada penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2022, PT RNI (Persero)/ Holding pangan ID FOOD diwakilkan EVP Sekretaris Korporasi, Yossi Istanto dalam menerima Anugerah Komisi Informasi Pusat secara luring.

Artikel Terkait

Back to top button