BERITA

Business Matching BRI Catatkan Nilai Kontrak Pembelian USD59 Juta

Jakarta, Bumntrack.co.id – BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sukses mencatatkan kontrak pembelian barang UMKM lebih dari USD59 juta dan melibatkan 99 buyer dari 24 Negara. Angka ini masih berpotensi meningkat mengingat kegiatan masih berjalan sampai dengan 15 Desember 2020. Pencapaian ini meningkat signifikan dibandingkan pencapaian tahun lalu sebesar USD33 juta.

“Ini merupakan keberhasilan BRI dalam memanfaatkan kondisi normal baru dengan cara kerja yang lebih efisien dan menghasilkan pencapaian yang lebih tinggi, ditunjukkan dengan peningkatan volume transaksi yang signifikan yang melibatkan 99 calon pembeli berasal dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia,” kata Direktur Utama BRI, Sunarso dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (15/12).

Menurutnya, BRI terus mendampingi UMKM untuk dapat naik kelas dengan go digital dan go global. Pembinaan dan pemberdayaan UMKM yang berkelanjutan ini dilakukan melalui program BRI Inkubasi dengan asistensi untuk pemasaran produk dan ekplorasi market baru berskala global. Salah satu hal yang dilakukan adalah akselerasi untuk menempatkan UMKM BRI di platform online yang mempunyai cakupan market secara global.

“BRI melalui salah satu Kantor Cabang Luar Negeri, BRI New York telah memulai terlebih dahulu dengan berperan aktif mendukung program “Archipelago” yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan RI, Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI), Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver, dan perkumpulan masyarakat Indonesia (Diaspora) Kanada,” kata SEVP Treasury & Global Services BRI, Listiarini Dewajanti.

Archipelago telah di-launching di Vancouver, Kanada pada tanggal 10 Desember 2020 lalu, dan produk UMKM BRI seperti keripik tempe, kue semprong, bumbu dapur (spices), keripik ubi, keripik kentang dan beberapa produk lainnya telah dapat dibeli oleh masyarakat Kanada dan sekitarnya melalui online marketplace Amazon.

Beberapa produk unggulan pada program Archipelago tersebut merupakan produk dari UMKM binaan Rumah BUMN BRI. Sesuai dengan timeline, Archipelago tidak hanya menyasar pasar Kanada, akan tetapi juga Pasar Amerika Serikat, yang rencananya akan diluncurkan pada akhir bulan Januari 2021. Hal ini akan membuka peluang produk nasabah UMKM BRI untuk dikenal secara global. Tahap awal, diperkirakan potensi transaksi yang terjadi di Bulan Desember 2020 sampai dengan Februari 2021 kurang lebih sebesar USD 82 ribu.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button