BERITA
Trending

Chemical FIN OSD Garapan Elnusa Petrofin Diganjar Anugerah Inovasi Indonesia 2020



Inovasi menjadi salah satu kata kunci dalam keberlanjutan bisnis. Perusahaan yang inovatif akan dapat mempertahankan kapabilitas dinamis yang bermuara pada daya saing yang lebih baik. Mengingat begitu pentingnya inovasi bagi sebuah bisnis, IDX Channel menyelenggarakan Anugerah Inovasi Indonesia 2020 yang digelar pada 2 September lalu yang dikuti oleh 150 inovasi dari berbagai perusahaan.

Adalah PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk yang terpilih menjadi pemenang Kategori Produk dan Model Bisnis untuk inovasi FIN OSD dari IDX Channel. Penghargaan ini diberikan pada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan suatu inisiatif inovasi yang unggul, dalam arti berdampak luas, berkelanjutan, dan memiliki kebaruan tinggi.

Haris Syahrudin Direktur Utama PT Elnusa Petrofin mengatakan bahwa pihaknyabselalu mendorong seluruh Insan Elnusa Petrofin untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam berbagai bidang. “Kami selalu mengedepankan inovasi yang bukan hanya dapat memberikan sumbangsih bagi perusahaan, namun juga memiliki nilai tambah bagi lingkungan dan masyarakat” ujarnya.


Produk FIN OSD merupakan produk Oil Spill Dispersant (OSD) berbahan dasar nabati yang seluruh elemen serta proses produksinya dijalankan seluruhnya di Indonesia. Produk ini berasal dari material non ionik surfaktan yang bisa digunakan sebagai Oil Spill Dispersant.

Berdasarkan hasil uji FIN OSD dapat digunakan untuk mengatasi tumpahan berbagai jenis minyak seperti minyak mentah hingga seluruh minyak hasil olahan (gasoline). Selain itu bahan ini dapat digunakan sebagai surfaktan dalam proses Bioremediasi untuk mengatasi tumpahan di darat dan laut. FIN OSD merupakan material berbahan dasar air yg memiliki pH 7-9 dan bersifat tidak korosif. Material ini bersifat ramah lingkungan karena biodegradable, tidak toksik dan tidak menyebabkan bioakumulasi pada sel organisme.
Dalam penghargaan Anugerah Inovasi Award, produk FIN OSD dinilai unggul dalam mengatasi tumpahan minyak khususnya dipermukaan air serta ramah lingkungan oleh dewan juri yang diketuai oleh Dr -Ing Ilham A Habibie, MBA berdasarkan 4 kriteria yaitu besarnya dampak inovasi, kelayakan inovasi, keberlanjutan inovasi dan kebaharuan.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close