BERITA

China Digempur Covid-19, Kesempatan Indonesia Dorong Industri Dalam Negeri

Jakarta, Bumntrack.co.id – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengungkapkan Indonesia harus bisa mengambil peluang terkait turunnya pertumbuhan ekonomi China akibat wabah virus Covid-19. Peluang tersebut diantaranya menggenjot sektor industri dan UMKM dalam negeri.

“Indonesia harus optimistis menghadapi sejumlah tantangan ekonomi global yang terjadi saat ini, seperti wabah virus Covid-19 yang menjadi ancaman pertumbuhan ekonomi global. Dengan menarik investasi dari negara lain, selain dari negara Cina untuk masuk ke dalam negeri, pemerintah dapat memiliki peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian Indonesia,” kata Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo di Jakarta, Rabu (26/2).

Selain itu, lanjutnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) perlu melakukan pemetaan terhadap regulasi yang menghambat pertumbuhan penanaman modal, baik dalam negeri ataupun luar negeri, termasuk industri-industri yang akan dibangun di setiap pulau atau wilayah berdasarkan pada industri unggulan di setiap daerah. Hal ini untuk mengurangi kesenjangan sosial antara Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa.

“BKPM juga perlu memberikan kemudahan dalam mengurus perizinan bagi para investor, baik investor dalam negeri maupun investor luar negeri yang mau berinvestasi, sehingga dengan begitu BKPM dapat memberikan kepastian dan insentif bagi investor serta dapat menciptakan iklim investasi yng positif dan kontribusi yang sangat konkret untuk kemajuan ekonomi bangsa,” jelasnya.

Pihaknya meminta BKPM untuk terus mendukung industri dalam negeri agar bisa berkompetisi dengan baik, seperti dengan fokus mengidentifikasi keunggulan komparatif di masing-masing provinsi.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close