BERITA
Trending

Corporate Credit Rating PT Antam Capai BB+/Outlook Stabil

Jakarta, BUMN TRACK – Anggota Group MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk., (ANTAM) memperoleh pencapaian gemilang dengan naiknya peringkat kredit korporat mereka ke tingkat “BB+” dengan prospek stabil dari yang semula berada di “B+ atau outlook positif. Kenaikan corporate credit rating S&P Global tahun 2023 tersebut mengindikasikan adanya peningkatan prospek bisnis perusahaan melalui inisiatif pengembangan hilirisasi nikel perusahaan untuk rantai industri baterai kendaraan listrik (EV Battery) di Indonesia dan juga terkait pengembangan bisnis emas.

Salah satu proyek terkemuka yang menjadi penyumbang utama dalam peningkatan ini adalah pengembangan rantai industri baterai kendaraan listrik (EV Battery) yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Inisiatif pengembangan rantai industri EV Battery ini bukan hanya menjadi langkah besar bagi ANTAM, tetapi juga mengokohkan posisi Indonesia dalam industri EV Battery global.

Dengan meningkatnya permintaan akan kendaraan listrik di seluruh dunia, keberadaan rantai pasokan yang kuat untuk baterai kendaraan listrik menjadi krusial. ANTAM, dengan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia, telah mendedikasikan sumber daya dan upaya untuk memastikan negara ini memiliki peran yang signifikan dalam industri ini.

Selain itu, kenaikan peringkat ini mencerminkan kinerja keuangan yang kuat dan stabil yang telah berhasil dipertahankan oleh ANTAM di tengah tantangan harga komoditas global yang fluktuatif. Ini adalah hasil dari pengelolaan likuiditas yang cermat dan solid, serta komitmen perusahaan untuk menjalankan operasi secara efisien dan efektif.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan pencapaian corporate credit rating tersebut menjadi semacam pengingat bagi Grup MIND ID secara umum untuk terus meningkatkan kinerja dalam menjalankan tujuan mulia perusahaan.

“Ini menjadi bukti kalau Grup MIND ID, khususnya ANTAM terus bekerja serius dalam melakukan pengembangan hilirisasi nikel untuk rantai industri baterai kendaraan listrik. MIND ID terus memberikan nilai lebih untuk Indonesia,” kata Heri.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko ANTAM, Elisabeth RT Siahaan, mengaku bangga atas peningkatan peringkat ini. Menurutnya, pencapaian ini sejalan dengan strategi keberlanjutan bisnis ANTAM yang berfokus pada operasional excellence dan pengelolaan biaya yang cermat. Dengan menjalankan program-program efisiensi yang tepat, ANTAM berhasil memberikan hasil positif kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

“Peningkatan rating sejalan dengan strategi keberlanjutan bisnis ANTAM dalam optimalisasi pada aspek operasi dan keuangan Perusahaan. Dalam menjalankan operasi, Perusahaan senantiasa melaksanakan operational excellence, dan berfokus dalam upaya pengelolaan biaya yang cermat melalui pelaksanaan program-program efisiensi yang tepat. Hal ini tentunya memberikan imbal hasil yang positif kepada para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya,” katanya.

Tidak hanya itu, peningkatan peringkat ini juga didukung oleh implementasi strategi operasional cerdas. ANTAM mencatat pertumbuhan profitabilitas signifikan pada semester pertama tahun 2023, mencerminkan kesuksesan dari upaya perusahaan dalam menjalankan strategi mereka. Keuangan yang kuat tercermin dalam pertumbuhan luar biasa dari arus kas bersih perusahaan, yang tumbuh sebesar 96 persen dibandingkan dengan periode sama pada tahun sebelumnya.

Posisi likuiditas keuangan ANTAM juga berada dalam kondisi sangat baik. Saldo kas dan setara kas pada akhir semester pertama tahun 2023 mencapai Rp6,58 triliun, yang merupakan peningkatan signifikan sebesar 104 persen dari posisi pada akhir periode sama pada tahun sebelumnya senilai Rp3,23 triliun.

Artikel Terkait

Back to top button