Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITA

Delapan BUMN Jajaki Peluang Kerjasama EBT dengan Finlandia

Bumntrack.co.id. Jakarta – Delapan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Finlandia bersama Komisi VII DPR RI. Kunjungan tersebut dalam rangka menjajaki peluang kerja sama di bidang energi terbarukan dan mineral dengan perusahaan lokal. KBRI memfasilitasi penjajakan tersebut melalui penyelenggaraan Indonesia – Finland Business Luncheon di Helsinki, pada 27 Oktober 2022.

“BUMN Indonesia yang hadir yakni PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Power Indonesia, PT PLN (Persero), PT PLN Indonesia Power, PT PLN Nusantara Power, PT ANTAM, PT Timah, dan PT Vale Indonesia,” seperti dilansir dari KBRI Helsinki, Minggu (30/10/22).

Sedangkan dari pihak Finlandia terdapat tujuh perusahaan yang berpartisipasi, yakni Wärtsilä, Metso Outotec, Neste, Sumitomo Energia, Clic Innovation, Terra Factory, dan SCS Consulting.

“Melalui Business Luncheon, diharapkan entitas bisnis kedua negara dapat semakin banyak menciptakan proyek-proyek konkret,” kata Dubes Ratu Silvy Gayatri.

Mendukung pernyataan Dubes RI, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soerpano, memandang kemajuan teknologi Finlandia dapat mendukung transformasi energi fosil menjadi energi terbarukan di Indonesia. Untuk itu, perusahaan Finlandia perlu lebih familiar dengan peraturan dan iklim bisnis di Indonesia.

Di samping energi terbarukan, Indonesia juga mengajak perusahaan Finlandia berinvestasi pada bidang mineral, khususnya di dua bidang prioritas, yakni refinery project dan green metals.

Artikel Terkait

Back to top button