BERITA

Dirut PLN: 638 dari 2.229 Gardu Distribusi Terdampak Banjir Telah Menyala

Jakarta, Bumntrack.co.id – Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya sejak malam tadi membuat beberapa daerah tergenang banjir. Demi menjaga keselamatan warga agar terhindar dari sengatan arus listrik, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terpaksa melakukan pemadaman sementara di sejumlah wilayah terdampak banjir.

“Saya bersama Wadirut, Direktur distribusi Jawa-Bali, GM Jakarta, Banten dan Jabar terus mengontrol keadaan listrik di Jakarta, Banten dan Jabar. Dari data yang ada, tadi malam yang terdampak banjir ada 2.229 gardu distribusi. Kemudian yang sudah menyala saat ini mencapai 638 gardu distribusi sedangkan terpaksa masih padam yaitu 1.564 gardu distribusi,” kata Dirut PLN, Zulkifli Zaini di Jakarta, Selasa (25/2).

Pihaknya menyampaikan simpati terhadap warga yang terkena dampak genangan air dan banjir. PLN siap membantu seluruh warga yang terdampak, namun dengan sangat terpaksa harus memadamkan beberapa gardu distribusi agar warga tidak tersengat aliran listrik. “Jadi kami sangat terpaksa memadamkan listrik demi keamanan bersama,” terangnya.

PLN akan terus memonitor kondisi di lapangan. Apabila telah berkurang genanganya, PLN akan berkomunikasi dengan RT/RW untuk memastikan lokasi tersebut tidak tergenang air. Setelah itu, PLN akan membuat berita acara dengan RT/RW untuk menyalakan listrik pada daerah tersebut.

“Sekali lagi, kami sangat terpaksa memadamkan listrik di berbagai lokasi terdampak demi keamanan masyarakat,” terangnya.

Berdasarkan data yang terpampang di pusat kontrol PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Gardu Distribusi yang padam antara 3 sampai 6 jam ada 7 gardu. Sedangkan padam antara 6 sampai 9 jam ada 287 gardu. Gardu distribusi yang pada terbanyak berkisar antara 9 jam hingga 12 jam, yaitu 520 gardu. Untuk Gardu padam lebih dari 12 jam ada 20 gardu. Untuk wilayah Jakarta sendiri, ada 270 gardu yang sudah menyala dari 1.104 gardu distribusi terdampak.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close