BERITA

Dirut Pupuk Indonesia: GKM Pasti Crawler PUSRI Luar Biasa

Bumntrack.co.id. Jakarta – PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) turut unjuk kebolehan dalam ajang kompetisi Inovasi Pupuk Indonesia Quality Improvement (PIQI) Tahun 2022 yang berlangsung sejak tanggal 5-8 September 2022 di Learning Center PT Pupuk Kujang Cikampek.

Peserta lomba sebanyak 45 tim merupakan perwakilan Tim Inovasi dari 11 perusahaan di Pupuk Indonesia Group dengan mengusung Tema “Live Long & Prosper”. PT Pusri sendiri mengirimkan 5 Tim Inovasi antara lain GKM Pasti Crawler, PKM Langit Biru, PKM Kita Bisa, PKM Subaru dan PKM Hore-Hore.

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Bakir Pasaman. Ada 3 kriteria kompetisi yang dipertandingkan antara lain:

  1. PI Agile, memuat inovasi dengan kriteria; Inovasi mendorong Transformasi Bisnis, customer centric dan /atau EBITDA Uplift sehingga memiliki impact (revenue atau efisiensi signifikan) terhadap perusahaan; Inovasi bersifat breakthrough. Menghasilkan produk/jasa dari produk/jasa inti dan turunannya; Bercirikan dapat diproses HAKI/Paten.
  2. PI Care, memuat inovasi dengan kriteria sebagai berikut: Inovasi memberikan Intangible value bagi stakeholder; Inovasi bersifat qualitative diantaranya bidang budaya, pengelolaan lingkungan, Kesehatan dan keselamatan kerja (K3), CSR dan lainnya; Bercirikan menghasilkan outcome value berupa peningkatan reputasi PI, stakeholder satisfaction dan lain-lain.
  3. PI Competent, memuat inovasi dengan kriteria sebagai berikut: Inovasi menghasilkan kualitas, efektivitas dan efisiensi proses bisnis; Inovasi bersifat level operasional; Bercirikan bottom up

Dalam ajang PIQI 2022 ini, satu tim perwakilan Pusri berhasil lolos ke babak final dan berhasil meduduki posisi ketiga dengan Kategori PI Agile yaitu GKM Pasti Crawler. Tim inovasi yang beranggotakan Efri Firmansyah, Wawan Suherman dan Mohammad Atkin dari Departemen Inspeksi Teknik ini memaparkan hasil inovasi yang diberi judul Phased Array Scan Tube Inspection (PASTI)-Crawler .

Secara khusus Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Achmad Bakir Pasaman mengapresiasi inovasi yang dibuat tim Pusri. “Saya ucapkan selamat kepada GKM Pasti Crawler karena menurut saya penghematannya sangat luar biasa. Dan saya sarankan setiap perusahaan yang menggunakan tube agar menggunakan alat PASTI Crawler ini sehingga mampu menghasilkan penghematan yang signifikan. Alat ini merupakan salah satu inovasi yang sangat baik, maka harus segera dibuat Hak Paten,” kata Dirut PT Pupuk Indonesia, Achmad Bakir Pasaman.

Lebih lanjut Bakir berpesan agar setiap proses TA (turn around) yang dilakukan di lingkungan Pupuk Indonesia dapat menggunakan alat crawler ini, sehingga penghematan yang dilakukan grup menjadi jauh lebih besar termasuk juga penggunaan alat PASTI CRAWLER ini dapat juga diimplementasikan pada saat QC pembelian Tube Reformer baru, sehingga menambah daya saing dan efisiensi saat pengadaan barang.

Pusri juga berkolaborasi dengan PT Pupuk Indonesia dalam Tim Preci X yaitu diwakili oleh Pebriyanto Hernawan dari Departemen Riset dan berhasil menyabet peringkat kedua dalam kategori PI Agile. Selain mengusung inovasi bidang inspeksi pabrik, Pusri juga mengirimkan inovasi di bidang pengecekan baku mutu udara dari zat ammonia, pemanfaatan FABA dalam produksi batako & conblock, optimalisasi produksi NPK Formula 15-10-12 dan juga sistem informasi Kesehatan karyawan.

Direktur Utama PT Pusri Palembang, Bapak Tri Wahyudi Saleh sangat mengapresiasi prestasi tim inovasi yang telah berjuang dalam perlombaan ini. “Penghargaan yang diperoleh merupakan hasil kerja keras Tim yang telah menghasilkan inovasi untuk perusahaan,” kata Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh di Jakarta, Jumat (9/9/22).

Dalam rangkaian acara PIQI 2022 ini juga digelar Pameran Inovasi kategori perusahaan bagi para finalis dimana masing-masing perusahaan mendesign booth se mungkin untuk menarik minat pengunjung. Dalam kesempatan yang sama juga ditentukan tuan rumah pelaksanaan PIQI selanjutnya yaitu di Pupuk Kalimantan Timur.

Artikel Terkait

Back to top button