BERITA

Disiplin Terapkan Prokes, Tiga Bandara AP I Raih Penghargaan Bandara Sehat 2020

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sejak awal merebaknya Covid-19, PT Angkasa Pura I (Persero) telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan membentuk Tim Task Force Internal pada 13 Maret 2020 lalu. Tim ini berfungsi untuk memberikan arahan pelaksanaan pencegahan & dampak COVID-19 termasuk juga dalam penyusunan Pedoman Protokol Kesehatan (Prokes) The New Normal di bandar udara yang mencangkup pada kebijakan strategis bidang Operasi, bidang Teknik, bidang Pemasaran & Pelayanan, bidang Pengembangan Usaha, bidang Keuangan, bidang Sumber Daya Manusia & Umum dan bidang Sekretariat.

Atas upaya tersebut, tiga bandara Angkasa Pura I meraih Penghargaan Bandara Sehat 2020 pada ajang Penghargaan Bidang Kesehatan dan Lingkungan 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Adapun tiga bandara Angkasa Pura I yang meraih penghargaan tersebut yaitu Bandara Jenderal Anhmad Yani Semarang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Lombok Praya.

“Inisiasi ini berguna sebagai bentuk pencegahan Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di tempat fasilitas umum. Kegiatan ini dapat menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum,” ujar Menteri Kesehatan Terawan dalam sambutannya, ditulis Jumat (20/11).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan upaya yang dilakukan Angkasa Pura I harus terus didorong oleh berbagai kementerian atau lembaga terkait. Selain itu, kebijakan yang terintegrasi dalam protokol kesehatan lingkungan ini pun perlu terus dioptimalkan agar semua pihak dapat menerapkan protokol kesehatan secara konsisten.

Menteri BUMN, Erick Thohir juga mengapresiasi kinerja para petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang yang menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyiapkan operasional penerbangan pada masa pembatasan perjalanan orang yang dapat dilihat dari penyediaan kursi tunggu berjarak, pengaturan alur penumpang, dan pengaturan jadwal penerbangan untuk mengantisipasi antrean di bandara.

“Angkasa Pura I menjamin bahwa penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 di 15 bandara dilakukan secara konsisten dan disiplin. Kami selalu memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti konter check in, trolley, self check-in machine, security check point, tray & x-ray, toilet, boarding pass scanner, hand rail, arm chair, dan lain sebagainya di bandara kami dilakukan pembersihan secara intens dan berkala menggunakan disinfektan. Hal ini perlu disampaikan untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dengan nyaman dan aman di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan dan bandara demi meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dengan aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru.
 
“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen Angkasa Pura I dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh area bandara Angkasa Pura I. Penghargaan ini yang dapat memicu kami untuk meningkatkan kinerja pelayanan pada masa adaptasi kebiasaan baru,” tutupnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button