BERITA

Diterjang Covid-19, Operasional Pelindo IV Tetap Normal

Jakarta, Bumntrack.co.id – Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi menegaskan meskipun pandemi Covid-19 tengah mewabah di negeri ini termasuk di Makassar, namun seluruh operasional bongkar muat barang utamanya di Terminal Petikemas Makassar (TPM) tetap berjalan normal.

Tentunya dengan selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan beberapa instansi di pelabuhan seperti Otoritas Pelabuhan (OP), Kantor Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan terhadap nakhoda kapal serta seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK), sebelum melakukan sandar kapal di pelabuhan.

“Intinya, Pelindo IV selalu siap melayani setiap kunjungan kapal yang masuk maupun keluar dari pelabuhan, dengan tetap menerapkan beberapa perlakuan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) selama masa tanggap darurat Covid-19 yang diberlakukan oleh pemerintah,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi di Makassar, Senin (20/4).

Misalnya tambah Prasetyadi, dengan melakukan pemeriksaan terutama untuk kapal-kapal asing bekerja sama dengan instansi terkait (KKP), di jarak 2 mil dari pelabuhan atau dermaga tempat sandar kapal. Jika telah dinyatakan clear and clean, barulah kapal bisa sandar.

Untuk diketahui, Pelindo IV merupakan operator pelabuhan di wilayah Indonesia Timur dengan kantor pusat di Makassar, Sulawesi Selatan. Pada 2019, Pelindo IV meraup pendapatan sebanyak Rp3,66 triliun dan laba bersih Rp438,8 miliar.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button