BERITA

Dukung Pengembangan UMKM, Angkasa Pura Retail Teken MoU dengan Sarinah dan Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Kalsel

Jakarta, Bumntrack.co.id – Salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura Retail menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sarinah (Persero) dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka mendukung pengembangan dan pemasaran produk UMKM Kalimantan Selatan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan Gustafa Yandi, dan Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati, yang juga disaksikan oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji, Senin (15/2).

“Kerja sama antara Angkasa Pura Retail dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel dan Sarinah ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM di wilayah bandara Angkasa Pura I beroperasi, yang dilakukan melalui sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder terkait. Kerja sama ini turut mendukung program Galeri UMKM di bandara-bandara Angkasa Pura I. Melalui Galeri UMKM di bandara ini, para UMKM yang berada di wilayah bandara Angkasa Pura I memiliki kesempatan untuk memanfaatkan galeri tersebut sehingga meningkatkan peluang produk-produk mereka dapat diperkenalkan dan dipasarkan ke penumpang pesawat,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (16/2).

Adapun cakupan kerja sama antara tiga pihak ini mencakup mekanisme pengelolaan gerai seluas 232 meter persegi di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin untuk produk-produk UMKM Kalimantan Selatan. Pada kerja sama ini, Angkasa Pura Retail dan Sarinah berperan sebagai kurator dan operator Galeri atau Gerai UMKM. Sedangkan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai pembina pelaku UMKM di Kalimantan Selatan, menhubungkan pelaku UMKM dan menyediakan produk-produk UMKM Kalimantan Selatan untuk dikurasi oleh Angkasa Pura Retail dan Sarinah.

“Kerja sama ini merupakan awal yang baru terkait pengembangan kerja sama antara Angkasa Pura Retail dan Sarinah dengan pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKM dalam rangka turut mengembangkan industri UMKM di daerah. Kerja sama ini direncanakan juga akan dikembangkan di bandara lainnya di bawah naungan Angkasa Pura I,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura Retail, Edyana Paramitasari.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati mengungkapkan kerja sama ini sesuai dengan misi transformasi Sarinah sebagai perekat dan pelontar produk nusantara unggulan khususnya ke pasar global baik melalui gerai-gerai duty free, House of Indonesia maupun melalui ekspor.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan Gustafa Yandi mengatakan pihaknya menyambut baik atas terselenggaranya penandatangan perjanjian kerja sama ini dan semoga pembangunan Galeri UMKM segera terwujud di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin. Hadirnya Galeri UMKM menandakan wujud nyata komitmen bersama untuk membangun dan mengembangkan UMKM di Kalimantan Selatan.

“Kami tentunya tidak bisa bekerja sendiri dan sangat diperlukan adanya sinergitas serta kolaborasi dengan stakeholder yang punya komitmen yang sama. Oleh sebab itu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Angkasa Pura I, Angkasa Pura Retail, dan Sarinah,” jelasnya.

Sebagai informasi, nantinya Galeri UMKM Bandara Syamsudin Noor ini akan diisi oleh beragam kategori produk UMKM seperti produk fesyen etnik, suvenir, tas, makanan dalam kemasan, aksesoris, dan kerajinan tangan. Perjanjian kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan para pihak.

“Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk turut serta memajukan perekonomian daerah melalui pemberian peluang bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan dan memperluas pangsa pasar bagi produk-produknya melalui keberadaan galeri UMKM di bandara-bandara Angkasa Pura I,” ujar Faik Fahmi.

Artikel Terkait

Back to top button